default_mobilelogo

Al-Fatihah

Angka tujuh adalah angka penting bagi umat Islam. Umat Islam percaya, ada tujuh sorga, tujuh derajat dunia, tujuh pintu ke neraka serta tujuh api neraka. Dan tujuh adalah jumlah tawaf keliling Ka'bah saat seseorang naik haji. Al-Fatihah diberi nama As-Sabu'ul Matsani, artinya “Tujuh yang Diulang” karena Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat.

Angka Tujuh Dalam Injil Allah

Walaupun angka tujuh tidak mempunyai arti khusus, tetapi ada cerita Injil yang memuat angka ini. Isa Al-Masih berkata kepada para murid-Nya:

Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak (±4.000) itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan." Kata murid-murid-Nya kepada-Nya: "Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?" Kata Yesus kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" "Tujuh," jawab mereka, "dan ada lagi beberapa ikan kecil." Lalu Isa Al-Masih menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang.(Injil, Rasul Besar Matius 15:32-38)

TujuhIsa Al-Masih Adalah Roti Hidup

Mujizat di atas yang dikerjakan Isa Al-Masih sangat menarik. Yang lebih menarik lagi ialah Isa Al-Masih menamakan diri-Nya “Roti Hidup”. “Kata Yesus kepada mereka; “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi” (Injil, Rasul Besar Yohanes 6:35).

Semoga dengan menyelidiki tujuh ayat Al-Fatihah dalam terang Injil, Pembaca akan menemukan Isa Al-Masih sebagai “Roti Hidup” kita.

[Staff Isa dan Islam – Tersedia Doa yang dapat dipanjatkan oleh orang yang rindu mencari “Roti Hidup”]

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# raka 2012-08-18 16:28
*
Al-Quran adalah kalimat Allah, jika benar 7 ayat Al-Fatihah adalah tentang Isa Al-Masih, pastinya salah satu ayat dari 7 ayat tersebut menyebut setidaknya kiasan untuk Isa Al-Masih dalam kalimatnya.

Kenyataannya tidak ada satupun kata dalam surah tersebut yang berhubungan dengan Isa Al-Masih.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2012-08-23 02:13
~
Sebuah ayat dalam surah Al-Fatihah menyatakan, "Tunjukilah kami jalan yang lurus!".

Dan jawaban atas pertanyaan di atas dapat kita temukan pada Qs. 43:61, “Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus”.

Isa Al-Masih sebagai jalan yang lurus mengatakan: “ Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

Jadi secara tersirat dan tersurat Isa Al-Masih satu-satunya jalan ke sorga karena Dia adalah pribadi yang terkemuka di dunia dan akhirat, mengetahui hari kiamat.
~
SL
# Adanugi 2012-08-27 10:14
*
Jalan lurus yang saudara IDI ambil dari potongan ayat Al-Fatihah kemudian dikaitkan dengan potongan ayat lain dalam Al-Quran. Akhirnya Saudara melakukan pembenaran dengan menggunakan potongan ayat dalam Alkitab.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2012-08-29 13:46
~
Sebagaimana yang dikatakan dalam ayat Al- Fatihah mengenai jalan lurus, Isa Al-Masih mengatakan: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku" (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

Isa Al-Masih tidak mengatakan itulah jalan yang lurus, melainkan Akulah jalan yang lurus.

Kami menjelaskan ayat-ayat Kitab Suci sesuai apa yang dimaksudkan oleh ayat tersebut. Kalaupun kami terpaksa harus menggunakan ayat dalam Al-Quran, itupun kami pilih ayat yang sesuai dengan Kitab Suci.

Kami tidak mencari pembenaran manusia, tetapi kebenaran Allah. “...adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Sekirany a aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus"  (Injil, Surat Galatia 1:10).
~
SL
# hamba اللّهِ SWT 2013-02-26 10:18
*
Kalau menurut Islam, Yesus itu bukanlah nabi Isa as, sedangkan menurut anda bagaimana?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2013-02-27 11:32
~
Kalau ditinjau dari segi nama, Isa Al-Masih adalah kata serapan Arab untuk Yesus Kristus.
Kata Isa dalam bahasa Arab adalah penyalinan kata Aramaik. Bahasa Ibrani, Aram, dan Arab merupakan suatu rumpun bahasa yaitu bahasa Semitik:

Kata “Mesias” berasal dari bahasa Ibrani , dan bahasa Arab "Masih" yang mempunyai arti “Yang Diurapi”. Kata ini dalam bahasa Yunani adalah Kristus .
Jadi Isa sama dengan Yesus dan Al-Masih sama dengan Kristus, Yang Diurapi (dengan menggunakan kata sandang “Al”).

Dengan demikian Yesus Kristus atau Isa Al-Masih itu adalah nama pribadi Sang Juruselamat. Nama yang diberikan oleh Allah melalui malaikat Gabriel.

" Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud" (Injil, Rasul Lukas 2:11).

~
SL
# wiwiek 2014-04-12 09:07
~
Bagaimana harus mengimani suatu mukjizat yang hanya menjadi suatu kisah. Al-Quran adalah mukjizat yang nyata.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-04-15 10:22
~
Memang umat Muslim percaya Al-Quran adalah mujizat. Bila hal itu benar, dapatkah Sdr. Wiwiek menjelaskan mengapa Al-Quran dipercaya sebagai mujizat?

Dan bila tidak keberatan, dapatkah saudara menuliskan ayat yang menyatakan bahwa Al-Quran adalah mujizat?

Terimakasih!
~
Saodah
# isa is not god 2015-07-29 17:59
~
Tidak ada yang istimewa dari Yesus. Kecuali apa yang disampaikan nabi kami. Diadalah Isa yang didekatkan kepada Allah. Seorang yang terkemuka di dunia dan ahirat. Dia manusia seperti kita. Dia makan dan minum.

Dialah mujizat Allah. Dialah tanda dari Allah bahwa Allah maha besar, Allah berkuasa atas segala sesuatu. Misal penciptaan Isa. Adam lebih hebat dari Isa, Adam ada tanpa ayah dan ibu.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2015-07-30 13:27
~
Kami maklum bila saudara berkata Yesus tidak mempunyai keistimewaan. Mungkin karena sdr tidak pernah membaca Kitab Suci Allah. Seandainya sdr berkenan meluangkan waktu untuk membaca Kitab Suci Allah, maka sdr akan menemukan bahwa Yesus adalah Pribadi yang sudah dinubuatkan oleh seorang nabi besar, ratusan tahun sebelum Yesus lahir ke dunai.

Juga, sdr akan mengetahui bahwa Yesus adalah satu-satunya Pribadi yang dapat mengampuni dosa seseorang. Bahkan Dia dapat memberi jaminan hidup kekal bagi saudara. Di samping itu, Dia juga dapat membela sdr di akhir zaman nanti. Karena Dia akan datang sebagai Hakim.

Perhatikanlah perkataan Yesus berikut ini, "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:112).
~
Saodah
# jumadi 2015-12-29 05:38
~
Apakah Isa/Yesus itu adalah Tuhan?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-01-06 21:09
~
Sdr. Jumadi,

Memang tidak mudah untuk memahami bahwa Isa adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia. Kami maklum jika sdr mengatakan hal itu aneh.

Tapi bagaimana bila kita mencoba mengenal Isa melalui karya-karya-Nya ketika Dia ada di dunia? Perhatikan karya Isa Al-Masih berikut ini:

1. Ketika Isa di dunia, Dia berkuasa mengampuni dosa seseorang, dimana kuasa tersebut tidak satu pun nabi lain yang dapat melakukannya. “Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni" (Injil, Rasul Lukas 7:48).

2. Alam semesta juga takut kepada Isa, sehingga ketika ada angin ribut seketika itu juga reda ketika Isa membentaknya.

“Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali” (Injil, Rasul Besar Matius 8:24; 26)

3. Selain itu, Isa juga berkuasa menyembuhkan setiap sakit-penyakit, bahkan menyembuhkan orang yang kesurupan setan. Dan menghidupkan kembali Lazarus yang sudah terbaring dalam kubur selama tiga hari.

Nah, dari karya-karya Isa di atas, menurut Sdr. Kanciljinak siapakah sebenarnya Isa Al-Masih itu?
~
Saodah
# Indra 2016-06-21 08:07
~
Jika Anda hanya bisa sepatah kata. Itu tidak berarti kebenaran. Belajarlah menerima kenyataan kalau Isa Al-Masih itu hanyalah seorang manusia. Bukan Pencipta. Jika Dia seorang Tuhan, adakah pernyataan atau perkataan yang dikatakan bahwa Isa itu adalah Tuhan dan patut disembah.

Apakah masuk akal jika seorang manusia mampu menciptakan bumi ini. Berfikirlah jika kalian benar-benar ingin mencari Tuhan. Cukup berlogika sebagai manusia.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-06-24 13:26
~
Sdr. Indra,

Sdr menyarankan agar manusia bersandar sepenuhnya pada logika untuk mengenal Pribadi Allah yang maha besar. Menurut kami saran tersebut salah!

Bagaimana mungkin sdr dapat mengenal Allah yang maha besar dengan logika yang terbatas? Jika sdr hanya mengandalkan logika untuk mengenal Allah, maka Allah yang sdr sembah bukan Allah yang maha besar. Tapi allah yang kebesarannya sebatas logika saja.

Tentu kami keberatan menyembah Allah yang demikian. Selain mengenal Allah dengan logika, iman juga diperlukan. Perhatikan teguran Yesus berikut ini, "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya" (Injil, Rasul Besar Yohanes 20:29).

Pertanyaan yang benar untuk pertanyaan sdr yang kedua adalah: Apakah masuk akal jika Tuhan menjadi manusia? Jawabannya tentu!

Karena Allah maha besar, maka Dia dapat melakukan apapun yang Dia inginkan. Demikian juga untuk datang ke dunia dalam wujud manusia, bukanlah hal sulit bagi Allah.

Lebih jelasnya, silakan membaca di sini: tinyurl.com/hyqe6k9.
~
Saodah
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Tweet Terbaru

isadanislam Menurut Saudara, mengapa setan-setan tunduk kepada Isa? https://t.co/KdBvHfGoWH
36mreplyretweetfavorite
isadanislam @PutraLabadoez kl boleh tahu, sdr masuk menggunakan apa? Smartphone atau laptop? Atau mungkin sinyal ditempat sdr sedang kurang bagus?
37mreplyretweetfavorite
isadanislam @mahadirgantara Allah tdk pernah ingkar janji. Dan janjinya selalu ditepati-Nya. Mengapa sdr ragu?
40mreplyretweetfavorite
isadanislam Bila Meninggal, Apakah Saya Pasti Masuk Sorga? https://t.co/l2ugtEgT8G
1hreplyretweetfavorite
isadanislam Berhasilkah Iblis Mencobai Isa Al-Masih? https://t.co/BgCrAHxLnd
1hreplyretweetfavorite
isadanislam Mengapa Setan Tidak Menjamah Isa Al-Masih? https://t.co/EjQrotPsrV
1hreplyretweetfavorite
isadanislam Kesaksian Hadist Dan Setan Tentang Isa Al-Masih https://t.co/5IvJBMHxCe
1hreplyretweetfavorite
isadanislam Mengapa tidak pernah ditemukan naskan kuno Al-Quran seperti naskah kuno Alkitab yang jumlahnya hingga ribuan? https://t.co/aATfYcaOir
1hreplyretweetfavorite
isadanislam Mengapa Alkitab dan Bukan Al-Quran? https://t.co/fsNCZZlLAT
1hreplyretweetfavorite
isadanislam Ibadah Tertinggi Bukan Berfokus Pada Cara/Ritual. Baca: https://t.co/kV1kQtaFl7
1hreplyretweetfavorite
Isa Islam Dan Kaum Wanita

Click gambar di samping untuk artikel - artikel untuk wanita Muslim


 

www.isaislamdankaumwanita.com

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer