default_mobilelogo

Natal“Sebenarnya hari Natal, perayaan kelahiran Isa Al-Masih atau hari raya umat Kristen seperti halnya Idul Fitri di agama Islam?”

Pertanyaan di atas sering dilontarkan oleh teman-teman Muslim, ketika mereka menanggapi soal Natal. Kami maklum akan hal itu. Memang Kitab Suci tidak pernah mencatat dengan jelas tanggal berapa Isa Al-Masih lahir. Berbeda dengan Muhammad, yang dengan jelas orang Islam tahu tanggal ulang tahunnya.

Namun sebenarnya pertanyaan penting yang layak dipikirkan adalah: Mengapa orang Islam merayakan hari ulang tahun orang yang sudah meninggal? Bukankah seharusnya yang dirayakan ulang tahunnya adalah mereka yang masih hidup?

Natal Adalah Tentang Isa Al-Masih yang Hidup, Bukan Mati!

Bagaimana dengan Isa Al-Masih? Layakkah hari kelahiran-Nya dirayakan? Bukankah Dia sudah tidak ada di dunia lagi?

Benar, Isa Al-Masih sudah tidak ada di dunia. Namun Kitab Suci yang diimani oleh orang Islam dan Kristen mengatakan bahwa Dia masih hidup!

“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku (Isa Al-Masih), pada hari aku dilahirkan, pada hari aku (Isa Al-Masih) meninggal dan pada hari aku (Isa Al-Masih) dibangkitkan hidup kembali” (Qs 19:33). Dia yang telah meninggal, juga telah dibangkitkan dan hidup kembali!

Hal yang sama juga disaksikan dalam Injil Rasul Besar Yohanes 3:13 “Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia [Isa Al-Masih].

Secara badani, memang Isa Al-Masih sudah tidak tinggal di dunia lagi sebagai manusia. Tetapi Dia masih hidup! Dia ada di sorga saat ini. Karena itu, adalah baik bila orang Kristen hingga kini masih tetap merayakan kelahiran-Nya.

Natal: Kedatangan Sang Juruselamat

Natal merupakan pemberian Allah yang paling besar dan wujud Kasih Allah bagi manusia. Firman Allah berkata, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya [Kalimat Allah] yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

Kalimat Allah” yang adalah Al-Masih, merupakan satu-satunya yang “Terkemuka di Dunia dan di Akhirat.”  Penjelmaan-Nya diberitakan dengan gembira oleh Al-Quran “Ingatlah, ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al-Masih, Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat” (Qs. 3:45).

Kelahiran Isa Al-Masih ke dunia merupakan titik awal yang penting. Dia datang untuk memperbaiki hubungan manusia dengan Allah yang semakin buruk oleh karena kesesatan manusia. Penjelmaan-Nya ke dunia adalah satu-satunya alasan mengapa orang Kristen merayakan Natal. Sebab Isa Al-Masih telah menjadi Juruselamat ketika masuk ke dalam dunia.

[Staf Isa dan Islam – Isa Al-Masih, Raja Damai itu, telah lahir ke dunia lebih dari 1,970 ribu tahun yang lalu. Dia datang untuk membawa Keselamatan bagi siapapun yang mau menerimanya. Bukalah hati Saudara dan ijinkanlah Isa Al-Masih “lahir” di hati saudara pada Natal ini.]

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# dani 2012-12-25 16:32
*
25 Desember adalah hari kelahiran dewa matahari. Umat Kristen pada umumnya tidak tahu, hanya ikuti kata para pendeta yang menyesatkan manusia.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2013-01-14 10:24
~
Saudara Dani,

Alkitab memang tidak pernah menulis bahwa Natal yang berarti perayaan hari kelahiran Isa Al-Masih pada tanggal 25 Desember. Tetapi pada waktu Isa Al-Masih lahir seluruh wilayah Palestina berada dalam kekuasaan Kaisar Romawi.

Kalaupun sebelum Natal setiap 25 Desember orang -orang Roma mengadakan perayaan hari kelahiran Dewa Matahari di Roma, namun Natal bukanlah perayaan Dewa Matahari.

Natal adalah usaha untuk mengalihkan orang Roma dari perayaan Dewa Matahari ke arah “Matahari Kebenaran” yaitu Isa Al-Masih. Walau orang Kristen dan Islam tidak mengetahui tanggal kelahiran Isa Al-Masih, namun mereka tidak keberatan merayakan kelahiran-Nya pada tanggal 25 Desember.
~
SL
# salomon 2013-04-17 08:40
*
Itulah sebabnya mengapa dalil sangat dibutuhkan di sini. Dan peran sahabat sebagai pencatat seluruh kejadian selama masa kehidupan nabi sangatlah penting.

Perayaan tanpa ada dasar iman atau ada dalilnya, itu tiadalah berguna dan disebut bidah apalagi dirayakan secara besar-besaran.

Peristiwa natal adalah kebohongan sejarah Kristen. Dan menurut fakta sang Paus sudah membukukan bahwa Isa Al-Masih tidak dilahirkan tanggal 25 Desember. Berani benar mereka merayakan tanpa ada dasar kebenaran di dalamnya.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2013-04-22 03:35
~
Baik Injil maupun Al-Quran tidak pernah mencatat tanggal berapa pastinya Isa Al-Masih lahir. Injil juga tidak pernah memerintahkan umat Kristen untuk merayakan Natal. Walaupun demikian, kenyataanya mereka selalu merayakan Natal setiap 25 Desember.

Natal berarti perayaan hari kelahiran Isa Al-Masih. Kedatangan Isa Al-Masih ke dunia merupakan titik awal yang penting. Karena kedatangan-Nya ke dunia bertujuan memperbaiki hubungan manusia dengan Allah yang telah rusak akibat dosa.

Natal merupakan anugerah dan wujud Kasih Allah bagi manusia. “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya [Kalimat Allah] yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
~
SL
# nono 2013-05-26 23:03
*
Kalimat Allah itu adalah kata: Kun Fayakun.

Jadi tidak cuma Isa saja yang tercipta dari Kalimatullah itu tapi juga hewan, iblis, tanaman, gunung, manusia, matahari, dan lain-lain.

Semua ciptaan Allah itu Kalimatulah dari sabda Tuhan: Kun Fayakun
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2013-05-29 09:12
~
Alam semesta dengan segala isinya diciptakan Allah hanya dengan firman-Nya: “Jadilah!”

“Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi” (Taurat, Kitab Kejadian 1:3).

Sebagai Kalimat Allah yang menjadi manusia, Isa Al-Masih tidak termasuk ciptaan Allah. Dia adalah Sang Firman itu sendiri.

Sebagaimana Allah dalam menciptakan segala sesuatu hanya dengan sepatah kata “Jadilah!“ maka dengan kata “Talita kum!” Isa Al-Masih dapat membangkitkan orang mati.

“Lalu dipegang-Nya tangan anak itu, kata-Nya: "Talita kum," yang berarti: "Hai anak, Aku berkata kepadamu, bangunlah!" Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan” (Injil, Rasul Markus 5:41-42).
~
SL
# Ahmad 2013-12-22 13:54
~
Tuhan Yesus yang hidup tidak perlu anda rayakan seperti itu, tapi Tuhan Yesus lah yang harus anda hidupkan dalam hati anda. Umat Islam tidak pernah merayakan maulud nabi dengan pesta pora, dan kalau anda mengatakan Muhammad telah mati, ia masih hidup dalam hati kami.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-01-23 09:46
~
Memang Nabi Muhammad walaupun sudah mati tetapi masih dikenang oleh pengikutnya. Namun kenangan itu tidak dapat menyelamatkan pengikutnya dari kematian kekal, karena Nabi Muhammad bukan Juruselamat.

Justru Nabi Muhammad memberi petunjuk tahu kepada umat Muslim bahwa Juruselamat manusia itu adalah Teman yang Maha tinggi. Yang dimaksud Muhammad dengan istilah Teman yang Maha tinggi tidak lain adalah “Pribadi yang terkemuka di dunia dan akhirat” (Qs 3:45) yaitu Isa Al-Masih.

“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan" (Injil, Surat Kisah Para Rasul 4:12).
~
Slamet
# candra 2013-12-22 22:53
~
Kita itu sebagai manusia yang rendah jadi tolong hargai dan hormati keyakinan satu sama lain jangan saling membandingkan.
Biarlah seseorang memilih jalan hidupnya masing-masing yang terpenting tidak merugikan umat alam semesta.

Jadi intinya hormati penganut ajaran agama lain, jangan saling menjatuhkan!
Kita hidup itu punya tujuan dan jalan masing-masing maka dari itu tolong saling menghormati.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-01-23 09:35
~
Saudara Candra,

Memang benar bahwa kita semua menginginkan hidup rukun dan saling menghormati di tengah keragaman agama yang ada.

Kami tidak membandingkan agama yang satu dengan yang lain, melainkan memberitakan tentang kepastian keselamatan yang tidak dimiliki oleh agama. Sekalipun umat beragama dituntut agar beribadah pada Allah serta melakukan perbuatan baik. Namun, fakta-nya agama tidak dapat memberikan jaminan keselamatan masuk sorga. Semua hanya “mudah-mudahan.

Sebaliknya Isa Al-Masih pembawa keselamatan dengan tegas menyatakan bahwa Ia adalah jalan, kebenaran dan hidup. Artinya di luar Isa Al-Masih tidak ada keselamatan yang pasti.

Isa Al-Masih berkata, "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).
~
Slamet
# widodo 2013-12-27 13:06
~
Saudara kaum Nasrani banyak menggunakan ayat-ayat Al-Quran untuk mendukung Ketuhanan Yesus. Masuk akal kah kalau yang datang kemudian (Al-Quran) turun untuk mendukung yang datang terlebih dahulu (Injil), jika yang datang terdahulu sudah sempurna? Mohon penjelasan!
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-01-27 19:33
~
Allah adalah pencipta yang sempurna, oleh sebab itu hasil ciptaan-Nya adalah baik dan tidak perlu disempurnakan. 

“Allah melihat bahwa apa yang diciptakannya baik dan sungguh amat baik” (Taurat, Kitab Kejadian 1:4).

Kitab Taurat, Zabur, dan Injil adalah wahyu Allah. Karena Allah sempurna maka ketiga kitab tersebut pasti sempurna kebenarannya. 

“Taurat TUHAN itu sempurna menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman” (Zabur, Kitab Mazmur 19:8).

Untuk membuktikan ketuhanan Isa Al-Masih sebenarnya, umat Nasrani tidak perlu mencari dukungan Al-Quran. Tapi kalau mereka menggunakan ayat-ayat Al-Quran, itu hanya untuk referensi.
~
Slamet
# chris 2014-01-13 23:25
~
Natal itu perayaan kelahiran Sang Juruselamat.
Ingat Juruselamat bukan penyelamat orang Kristen saja!
Pada akhirnya Dia-lah yang membawa kita ke surga, karena Dia adalah Hakimnya.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-01-27 19:35
~
Saudara Chris,

Terima kasih untuk komentarnya, semoga komentar saudara dapat menjadi berkah bagi umat Muslim.

“Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah ya ng hidup, Jurusela mat semua manusia, terutama mereka yang percaya”(Injil, Surat 1 Timotius 4:10).
~
Slamet
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-01-27 19:36
~
Pembaca yang Terhormat,

Kami berterimakasih atas kesediaan saudara mengunjungi situs kami juga memberikan komentar. Namun maaf, dengan terpaksa kami harus menghapus komentar-koment ar saudara karena tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Saran kami, sebelum saudara memberi komentar, kiranya saudara dapat membaca aturan yang telah kami taruh di bawah setiap artikel yang ada. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami tuliskan kembali aturan tersebut.

Pedoman wajib untuk memasukkan komentar:
1. Tidak boleh memakai lebih dari satu kolom komentar.
2. Pertanyaan/masu kan harus berhubungan dengan uraian diatas.
3. Sebaiknya satu atau dua pertanyaan dalam satu kolom komentar.
4. Hanya menggunakan bahasa Indonesia yang umum dan dimengerti semua orang.
5. Tidak memakai singkatan-singk atan, misalnya yg, dlm, sdh, tdk, dlsbgnya.
6. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
7. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.

Untuk pertanyaan/masu kan yang majemuk, silakan mengirim email ke: .
Kiranya petunjuk-petunj uk di atas dapat kita perhatikan.

Demikian, kiranya saudara dapat maklum.
~
Slamet
# wahyu 2017-06-16 03:42
~
Disebut Anak Allah ada juga yang menyebut reinkarnasi, kemudian Kalam menjadi manusia. Tidak logis dan tidak dapat diterima akal sehat. Saya berusaha mencari pembenaran atas argumen2 anda. Tetapi logika sehat saya tetap tidak bisa. Tidak masuk akal. Apakah saya harus meyakini kemudian baru berpikir. Tidak fungsi lagi dong otak dan hati saya yang bertugas membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Tutup ya min situsnya..
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-06-19 22:27
~
Saudara Wahyu,

Mohon maaf kami menghapus satu kolom komentar sdr. Karena memberikan komentar lebih dari satu kolom.

Kami sependapat dengan sdr, kita perlu skeptis, sebab Allah memberi kita kemampuan berpikir dan menyelidiki. Kalau boleh tahu dimana sdr mencari pembenaran dan penjelasan/pema haman apakah yg sdr dapatkan tentang yg sdr sebutkan di atas? Sehingga sdr dpt memberikan kesimpulan bahwa tidak logis dan tidak dapat diterima akal sehat.
~
Daniar
# hendra 2017-12-14 18:52
Alkitab tidak menjelaskan tanggal berapa Yesus Lahir, tetapi yang jelas Yesus lahir sewaktu Kaisar Agustus menjadi Kaisar dan mengadakan cacah Jiwa dan itu terbukti dalam sejarah.
# hendra 2017-12-14 19:01
# widodo 2013-12-27 13:06
~
Saudara kaum Nasrani banyak menggunakan ayat-ayat Al-Quran untuk mendukung Ketuhanan Yesus. Masuk akal kah kalau yang datang kemudian (Al-Quran) turun untuk mendukung yang datang terlebih dahulu (Injil), jika yang datang terdahulu sudah sempurna? Mohon penjelasan!

Widod Anda justru salah besar. Setitikpun Alkitab tidak menyebut Muhamad, Justru kalau anda teliti dengan benar, Muhamadlah yang membuat permasalahan dengan menyebar dusta mengenai iman Kristen, bahwa Yesus tidak mati dan tidak bangkit, sementara iman Kristen sendiri telah berdiri 600 tahun sebelum Muhammad yang menceritakan kisah yang dalam pandangan iman Kristen adalah menyimpang!
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%