default_mobilelogo

jempolSetiap orang pasti senang mendapat pujian. Mungkin Anda pun sering mendapat pujian dari seseorang. Dari orang tua, pacar, suami/isteri, bahkan pimpinan Anda. Di antara segala pujian yang Anda dapatkan atau berikan, tahukah Anda bahwa hanya ada satu Pribadi yang layak menerima segala pujian dari umat manusia?

Al-Quran: Allah Penerima Segala Pujian

Salah satu ayat Al-Quran berkata,  “Dia Allah.  Tiada Tuhan selain Dia.  Bagi-Nya saja segala puji sejak awal . . . dan di akhirat nanti” (Qs 28:70). Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa Allah adalah penerima segala pujian. Hal tersebut juga ditegaskan dalam surah pertama Al-Quran yang berbunyi “Segala puji bagi Allah.

Sayangnya, terkadang manusia kurang begitu sering mengucapkan pujian kepada Allah, atas segala berkat dan kebaikan-Nya.

Isa Al-Masih Menerima Segala Pujian

Sebagaimana Al-Quran menyatakan bahwa pujian hanya milik Allah semata, dalam Kitab Suci Injil kita dapat melihat bagaimana Isa Al-Masih menerima pujian. Ketika Isa Al-Masih masuk Yerusalem untuk kali terakhir sebelum disalibkan. Orang-orang berbondong-bondong menyambut Dia sambil memberikan pujian.

Kitab Suci Allah menuliskan, “Mulailah semua murid yang mengiringi Dia bergembira dan memuji Allah dengan suara nyaring  . . .  "Diberkatilah Dia yang datang sebagai Raja dalam nama Tuhan, damai sejahtera di sorga dan kemuliaan di tempat yang mahatinggi!"  Beberapa orang . . . berkata kepada Yesus: "Guru, tegorlah murid-murid-Mu itu."  Jawab-Nya: "Aku berkata kepadamu: Jika mereka ini diam, maka batu ini akan berteriak" (Injil, Rasul Lukas 19:37-40)

PujianIsa Al-Masih Menerima Pujian Sebagai Raja

Ketika murid-murid-Nya meminta agar Isa menegor orang-orang yang memuji-Nya, Isa tidak melakukannya. Sebaliknya, Isa memberi tanggapan yang hiperbole. Ucapan yang bersifat berlebih-lebihan.

Isa Al-Masih jelas layak menerima pujian yang disampaikan kepada-Nya. Sebagaimana pujian yang disampaikan kepada Allah. Karena pada akhir jaman Isa Al-Masih akan dipuji oleh segala yang di langit dan di bumi sebagai Tuhan. “Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!” (Injil, Surat Filipi 2:10-11).

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Mengapa Isa Al-Masih layak menerima segala pujian dari seluruh umat manusia?
  2. Mengapa manusia tidak begitu sering memberi pujian bagi Penciptanya?
  3. Selain Isa Al-Masih, adalah manusia yang layak menerima pujian dari seluruh umat manusia? Sebutkan dan jelaskan alasan saudara!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda*****pada komentar-komentar yang kami merasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas.Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# Numpang lewat 2015-12-08 03:16
~
Kalian Nasrani bukan pengikut Yesus melainkan pengagum Yesus. Kami Muslim adalah pengikut Yesus. Pengagum Yesus mempertuhankan Yesus tetapi tidak melaksanakan kehendak Yesus. Pengikut Yesus memuliakan Yesus dan mengikuti kehendaknya. Pengagum Yesus adalah pengikut ajaran Paulus. Pengikut Yesus adalah pengikut Muhammad.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2015-12-10 22:00
~
Benarkah umat Muslim adalah pengikut Yesus? Benarkah pengikut Yesus adalah pengikut Muhammad?

Mari kita bandingkan ajaran mereka:
Ajaran Yesus: “Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu” (Injil, Rasul Besar Matius 5:44).

Ajaran Muhammad: Islam identik dengan kata “jihad.” Dalam bahasa Indonesia “jihad” berarti “Berusaha Keras” atau “Berjuang”. Dalam konteks Islam Jihad berarti "Berjuang menegakkan syariat Islamiah". Jihad juga sering diartikan sebagai "Perang Suci."

Ayat QS 2:216; QS 8:39; QS 9:29 adalah sebagian dari ayat-ayat dalam Al-Quran yang menyerukan perang. Para pembela kaum Islam mengartikan bahwa tujuan dari ayat ini adalah tindakan yang harus dilakukan sampai musuh-musuh mereka memeluk agama Islam, dan akhirnya “agama Allah (Islam) menjadi penguasa tunggal!”.

Dari penjelasan di atas kita dapat melihat bahwa ajaran Yesus sangat bertentangan dengan ajaran Muhammad. Jadi, bagaimana mungkin seseorang mengikut ajaran dari dua orang yang saling bertentangan?

Nah, Sdr. Numpang Lewat, sekarang sdr mau memilih ajaran jihad Muhammad atau ajaran kasih Yesus? Kiranya sdr berkenan untuk merenungkannya supaya sdr tidak salah pilih.
~
Saodah
# Gus 2015-12-31 18:48
~
Jawaban pertanyaan No 2:

Saya bertanya kepada Staf IDI ditujukan kepada siapa pertanyaan itu? Kalau kami umat Islam memuji Allah SWT sebagai Pencipta manusia dan seluruh alam ini hampir setiap saat. Di dalam sholat kami (wajib dan sunah) isinya pujian dan doa kepada Allah SWT.

Di dalam sholat kami memberi salam dan sholawat kepada seluruh nabi utusan Allah (tentunya termasuk Isa Al-Masih) dan juga orang shaleh di antara kami.

Dzikir kami sesudah sholat adalah memuji dan mengagungkan Nama Allah SWT. Setiap mendapat kenikmatan kami selalu mengucap syukur dan memuji Allah SWT. Karena kami tahu bahwa hanya Allah SWT yang berhak dipuji dan disembah, bukan yang lain.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-01-06 21:10
~
Sdr. Gus,

Pertanyaan di atas kami tujukan kepada semua umat beragama. Baik itu Islam, Kristen, maupun agama lain.

Kami tidak mengatakan apa yang sdr jelaskan di atas salah. Mungkin secara teori memang demikianlah ajaran dalam agama Islam. Tapi bagaimana prakteknya?

Tidak sedikit umat beragama yang mengaku beragama tetapi tidak melakukan ajaran agamanya. Contoh kecil saja, mengucap syukur akan nikmat yang telah Tuhan berikan. Hal ini dapat terjadi dalam diri semua umat beragama.

Itulah maksud pertanyaan di atas tentang mengapa umat beragama yang mengakui akan adanya Allah, tapi jarang memberi pujian.
~
Saodah
# Gus 2015-12-31 20:33
~
Jawaban pertanyaan No 3:

Manusia yang layak mendapat pujian dari seluruh manusia adalah Muhammad SAW.

Alasan:
- Dia adalah orang yang benar dan dapat dipercaya (al amin)
- Dia mengajari manusia untuk hanya menyembah kepada Allah SWT saja.
- Dia mengajari manusia untuk menghormati dan memuliakan seluruh nabi.
- Dia berhasil melaksanakan dakwah dan melihat hasil yang gilang gemilang sebelum wafat.
- Dia adalah satu-satunya manusia di dunia ini yang berhasil dalam menyebarkan agama dan membentuk masyarakat sesuai tuntunan agama
- Masih banyak yang lain, cuma kolomnya tidak cukup.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-01-06 21:10
~
Sdr. Gus,

Terimakasih untuk jawaban yang sudah sdr berikan. Kami menghargai kepercayaan sdr bahwa Muhammad satu-satunya yang layak mendapat pujian dari seluruh manusia.

Selain dari beberapa alasan yang sudah sdr sebutkan di atas. Apakah Muhammad juga dapat memberi jaminan keselamatan sorgawi bagi pengikutnya?

Juga, apakah ada tertulis dalam Al-Quran perintah untuk memuji Muhammad, sebagaimana yang terdapat dalam Kitab Suci perihal pujian yang ditujukan bagi Isa Al-Masih?
~
Saodah
# BOAS 2016-01-08 19:01
~
Isa Al-Masih bersabda: “Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku (Isa) berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar” (Matius 5:43-45)

Muhammad: 35 “Maka janganlah kamu lemah dan mengajak damai, karena kamulah yang lebih unggul, dan Allah bersama kamu, dan Dia tidak akan mengurangi segala amalmu.”

Kesimpulan: Isa Al-Masih bertolak belakang dengan Muhammad dan sesembahannya.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-01-12 12:11
~
Sdr. Boas,

Terimakasih untuk dua ayat yang sdr kutip. Dimana kedua ayat tersebut menunjukkan sifat yang bertolak-belakang.

Semoga pembaca lainnya berkenan untuk merenungkan kedua ayat tersebut. Dan kiranya Allah memberikan Roh-Nya kepada mereka, sehingga mereka dapat melihat kebenaran yang datangnya dari Tuhan yang benar.
~
Saodah
# pencari ilmu 2016-01-09 17:56
~
Sampai pada abad ke-4 dan ke-5 Masehi, ketika dunia pagan (penyembah banyak dewa) Romawi menerima agama baru yang disebut “Kristen,” dengan membawa adat dan kepercayaan pagan mereka yang lama. Akibatnya kepercayaan kepada Dewi Madonna, Ibu dan Anak juga menjadi populer, terutama di waktu hari Natal. Di setiap musim Natal kita selalu mendengar lagu-lagu atau hymne: “Silent Night” atau “Holy Night” yang sangat akrab dengan tema pemujaan terhadap Ibu dan Anak.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-01-12 12:12
~
Sdr. Pencari Ilmu,

Terimakasih untuk penjelasan sdr di atas mengenai asal-usul dari tradisi Natal. Jika sdr ingin tahu lebih jauh tentang Natal, silakan sdr membaca penjelasan pada artikel ini: tinyurl.com/7wb7ehu.

Kiranya dalam memberi komentar, sdr dapat memperhatikan dan fokus pada topik artikel yang sedang dibahas. Akan lebih baik jika sdr hanya menanggapi salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang sudah disediakan. Dengan demikian diskusi kita tidak melebar hingga ke berbagai topik.
~
Saodah
# BOAS 2016-01-09 23:27
~
To: Pencari Ilmu,

Orang pagan Romawi mengkotak-katik pribadi bunda Maria dan Isa Al-Masih. Kemudian Anda bingung dan menyalahkan agama Kristen. Padahal sudah jelas orang pagan tersebut yang berulah.

Lebih kurang 6 abad kemudian Muhammad ikut-ikutan membuat ulah. Mengkotak-katik kebenaran yang sudah difiniskan oleh Isa Al-Masih yang lahir dari anak dara (Maria). Tetapi Anda setuju dengan Muhammad dan batu hitam. Berarti Anda memang pecinta pagan, baik pagan Romawi dan pagan dengan si batu hitam.

Isa Al-Masih adalah Firman Allah yang melalui rahim seorang anak dara (Maria, dari keturunan Daud) menjadi manusia. Isa Al-Masih dan bunda Maria bukanlah berhala dan mitos, tetapi pagan Romawi penuh dengan mitos, dan si batu hitam adalah berhala.
# ingin tau 2016-01-11 09:42
~
Ini situs lucu dari semua situs yang pernah saya lihat. Mereka membuka dialog, tapi sebenarnya curang. Yang disimpan hanya komentar dari kelompok mereka dan begitu diagung-agungka n. Misalnya terimakasih saudara.

Ini sangat bagus walaupun tidak masuk akal. Dan bahkan fitnah atau kebohongan sekalipun. Tapi kalau giliran komentar dari Islam dan itu menyulikan mereka dan tidak bisa jawab, maka akan dihapus atau diedit.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-01-12 12:12
~
Sdr. Ingin Tahu,

Terimakasih atas kesimpulan yang sdr buat tentang forum ini. Walau sebenarnya apa yang sdr katakan itu salah.

Perlu sdr ketahui, 80% komentar yang ada di forum ini datangnya dari orang-orang non-Kristen. Artinya, kami tidak hanya menyimpan komentar dari orang Kristen saja, seperti dugaan sdr.

Jika kami hanya menyimpan komentar dari orang Kristen saja, maka seharusnya forum ini didominasi orang Kristen. Tapi faktanya tidak demikian, bukan?

Jadi, kami harap sdr tidak salah sangka pada forum ini. Sdr tidak perlu khawatir, karena forum ini tidak bertujuan untuk menyesatkan siapapun atau agama apapun.
~
Saodah
# Tiawan Sukma 2016-01-20 12:44
~
Allah dan malaikat saja memuji dan bershalawat kepada Muhammad. Kenapa kita manusia yang butuh syafaat dari nabi tidak mau bershalawat? Yang enggan bershalawat, itulah sepelit-pelit manusia.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-01-28 11:13
~
Sdr. Tiawan Sukma,

Sebelum kami menanggapi komentar sdr di atas, kami ingin terlebih dahulu mengajak sdr untuk merenungkan ayat Al-Quran berikut ini:

"Katakanlah: Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadap aku dan tidak pula terhadapmu” (Qs 46:9).

Benarkah rasul ini, yang belum yakin akan keselamatannya sendiri dan yang perlu di-shalawatkan, bisa mempunyai kuasa untuk memberikan syafaat kepada umat manusia?
~
Saodah
# Love Eesho Msheekha 2016-01-29 17:43
~
Kami umat Islam tidak pernah memuji nabi dan rasul, kami hanya menghargai dan menghormatinya. Adapun kemampuan mukzijat yang dilakukan para nabi, hakekatnya Allah yang melakukannya. (Yang dilakuka Isa Al-Masih, merupakan tak terhingga dari kemampuan Allah, yang Allah lakukan. Menurut Islam tidak ada satu makhlukpun ciptaan Allah yang harus dipuji. Segala puji hanya untuk Allah.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-02-03 19:28
~
Sdr. Love Eesho Msheekha,

Memang sudah seharusnya segala pujian hanya ditujukan bagi Allah. Sebab hanya Dia yang layak menerima setiap pujian dari umat-Nya.

Salah satu ayat dalam Kitab Suci Injil menuliskan, “Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!” (Injil, Surat Filipi 2:10-11).

Menurut Sdr. Love Eesho Msheekha, siapakah Yesus sehingga Dia berhak menerima pujian dari makhluk hidup yang ada di muka bumi ini? Bukankah seharusnya pujian tersebut hanya milik Allah semata?
~
Saodah
# Gus 2016-01-29 18:12
*****
Jawaban no 2:

Sekarang pertanyaan saya untuk staff IDI, kapankah Anda memuji Allah SWT pencipta langit dan bumi dan pencipta segala makhluk?

Anda memuji Yesus sebagai Tuhan sedangkan kami selalu mengucapkan salam kepada seluruh nabi termasuk Yesus di dalam sholat kami.

Sekali lagi di dalam ibadah yang mana Anda memuji Allah SWT? Setahu kami yang Anda puji bukan Allah tetapi Yesus. Itu artinya Anda tidak pernah memuji Allah tetapi anda memuji makhluk.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-02-03 19:28
*****
Sdr. Gus,

Kami melihat bahwa komentar sdr di atas tidak menjawab pertanyaan yang ada. Sebaliknya, justru sdr mengajukan pertanyaan kepada kami.

Saran kami, sebaiknya komentar yang diberikan hanya menjawab pertanyaan yang ada, atau mengomentari sesuai topik artikel.

Jika memang sdr ingin tahu Tuhan yang mana yang disembah oleh orang Kristen, silakan membaca penjelasan kami pada artikel ini: tinyurl.com/mbtlyy5.
~
Saodah
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%