default_mobilelogo

Itimbanganslam meyakini bahwa Allah Ar-rahman-ir-rahim (Maha Pengasih dan Penyayang) (Quran, Surah Al Fatihah [1] :1) dan ajaran hisab. Yaitu perhitungan kebaikan dan keburukannya di akhirat.

Apakah hisab merupakan bukti bahwa Allah SWT mengasihi umat Muslim?

Paparan ini menolong kita mengerti konsep hisab menurut Islam dan cara ke sorga tanpa hisab.

Ajaran Hisab dalam Islam

Al-Quran menuliskan,“Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka ia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,” (Quran, Surah Al Insyiqaq [84] : 7-8).

Menurut Hadist, “ . . . ada tujuh puluh ribu masuk sorga tanpa hisab dan siksa” (Hadist Muslim dan Bukhari). Namun, tidak ada Muslim yang tahu apakah dia termasuk yang tujuh puluh ribu itu.

Hisab menurut Islam ada dua macam. Pertama, Al ‘Aradh (penampakan dosa dan pengakuan). Allah hanya akan menampakkan lembaran amal mereka.

Kedua, munaqasyah (diperiksa secara sungguh-sungguh) dan inilah yang dinamakan hisab (perhitungan) antara kebaikan dan keburukan. Muhammad menjelaskan, “. . . barangsiapa yang dimunaqasyah hisabnya, maka ia akan binasa” [Muttafaqun ‘alaihi].
Jika Allah SWT menyayangi, mengapa menghisab para Mukmin? Ketika dihisab, apakah para Mukmin merasakan kasih sayang Allah SWT?

Untuk dua pertanyaan itu, kirimkan jawaban Anda lewat email ini.

surgaSyarat Masuk Sorga

Perlu kita ingat bahwa syarat masuk sorga ialah suci sempurna, tanpa berbuat satu dosa pun. Itulah sebabnya Allah menghukum Adam dan Hawa yang hanya berbuat satu dosa (Kitab Taurat, Kejadian 3:1-15).

Kita selalu berbuat berdosa. Pikiran, perkataan dan perbuatan kita sering kali berdosa.  Kita membenci, egois, bicara kotor, berbohong dan sebagainya.

Maka kita pasti menghadapi penghukuman Allah karena dosa-dosa kita itu. Bagaimana bebas dari hukuman itu?

Penjamin Ke Sorga Tanpa Hisab

Yahya Pembabtis menyaksikan, “. . . Lihatlah Anak domba Allah [Isa Al-Masih], yang menghapus dosa dunia” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:29). Karena begitu mengasihi manusia, Isa Al-Masih rela mati tersalib untuk menghapus dosa-dosa manusia. Kematian-Nya untuk menggantikan hukuman dosa yang seharusnya manusia tanggung.

Melalui kematian-Nya itu, Ia menjamin pengampunan dosa dan hidup kekal di sorga-Nya.  Firman-Nya, . . . Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup . . . dan . . . tidak akan mati selama-lamanya . . . (Injil Rasul besar Yohanes 11:25-26).

Bila Anda tidak percaya akan fakta atau kuasa penyaliban Isa Al-Masih, emailah kami di sini.

Agar Anda Bebas dari Hisab!

Jelaslah bukan Allah SWT, melainkan Isa Al-Masih begitu mengasihi manusia. Sebab Ia rela tersalib untuk menyucikan dosa-dosa manusia. Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya masuk sorga-Nya tanpa hisab.

Dengan mempercayai Isa Al-Masih sebagai Tuhan dan Juruselamat, Anda pasti masuk sorga tanpa menderita hisab.

[Staf Isa dan Islam – Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Apakah hisab merupakan bukti kasih sayang Allah kepada muslim? Alasannya?
  2. Apakah buktinya kasih sayang Isa Al-Masih jauh lebih besar daripada Allah SWT?
  3. Allah SWT diyakini mengampuni dosa, namun juga menghisab para muslim. Sebaliknya Isa Al-Masih berkuasa menghapus dosa tanpa menghisab. Manakah yang wajib diimani umat beragama? Alasannya!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# Matsyari 2017-11-08 14:19
~
Semua orang akan dihisab/dihakim i di hari kiamat:

Injil, Yohanes 5:27:-30. Isa Al-Masih diberi kuasa untuk menghakimi karena Beliau Anak Manusia.
Kedatangan Beliau kedua kalinya semua orang dalam alam kubur dibangkitkan. Hakim yang adil: tidak akan menambah dan mengurangi penghakiman yang didengarnya dari Tuhan Allah.

Injil, Matius:25:31-46 . Penghakiman terakhir yaitu mengumpulkan dan memisahkan, menghakimi semua bangsa yang telah dibangkitkan dari alam kubur.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-11-23 03:28
~
Saudara Matsyari,

Terima kasih atas komentar sdr di forum ini.

Memang semua orang akan dihakimi di hari kiamat. Tapi ada pengecualian bagi yang percaya kepada Isa Al-Masih, yaitu tidak turut dihukum.

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup”
(Injil Rasul Besar Yohanes 5:24)

Tepat sekali bahwa Isa Al-Masih adalah Hakim yang adil. Sedangkan dalam kitab sdr dengan jelas menuliskan bahwa Hanya Allah hakim yang adil (Qs 95:4-8).

Kiranya sdr dapat mengerti kebenaran yang disampaikan dalam ayat yang sdr kutip tersebut.
~
Daniar
# Malaikat Gabriel 2017-11-20 19:20
****
1. Tidak ada kasih Allah SWT, sebab: Menurut pandangan saya, jikalau Hisab sebagai jalan menuju sorga, maka tak satupun umat Muslim masuk sorga, karena sesuai dengan sabda Allah Yesus Kristus "Sebab semua orang telah berbuat dosa" (Injil, Surat Roma 3:23). Jelas sekali manusia lebih banyak perbuatan dosa dari pada amal, termasuk saya.

2. Buktinya: "Barangsiapa percaya kepada Isa Al-Masih, maka ia melihat hidup kekal, barangsiapa tidak taat kepada Isa Al-Masih, ia tidak melihat hidup, melainkan murka Allah tetap di atasnya" (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:36).

3."Percaya dan Taat" kepada Isa Al-Masih sebagai Allahmu, ia tidak lagi memperhitungkan dosamu. Bertobatlah hiduplah dengan damai kasih Isa Al-Masih, sebab Hisab bukan menjadi jaminan. Tapi Isa Al-Masih telah menjadi tebusan dosa kita, Amin.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-11-30 03:40
*****
Saudara Malaikat Gabriel,

1. Demikian Kitab Muslim memberitahukan bahwa orang berdosa tempatnya kekal di neraka. “... barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya” (Qs 2:81).

2. Karena kasih-Nya, Isa al-Masih rela mati tersalib guna menanggung hukuman dosa manusia. Supaya manusia tidak menderita hukuman kekal di neraka.

3. Benar, hisab tidak menjamin untuk masuk sorga, tapi Isa Al-Masih menjamin masuk sorga.
~
Daniar
# Po99 2017-11-29 23:34
~
Pertama-tama kepada admin yang terhormat tolong teks yang bertuliskan kata Quran itu dihapus diganti dengan q.s. qur'an atau Al-Qur'an.

Quran....??? tega betul. Kita ini hidup beribu bahasa. Quran dalam bahasa kami itu pantat kuali (wajan) itu kitab suci ya bukan kitab dari paret.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-12-09 10:32
~
Saudara Po99,

Terima kasih atas komentar sdr yang telah berbagi informasi arti dari kata “Quran”. Kiranya ini juga menjadi pemahaman baru bagi semua pengunjung situs ini.
~
Daniar
# Hamba Allah 2017-12-06 09:42
*****
1. Hisab itu untuk seluruh umat manusia dari umat Adam-Muhammad.

Catatan: untuk mendapatkan kasih sayang Allah maka manusia harus menyayangi Allah dulu.

2. Isa hanya manusia bukan Tuhan. Jadi lebih besar kasih sayang Allah karena sudah memberi kepada Umat adam-sebelum umat Isa.

3. Ya itulah kehendak Allah SWT. Apakah manusia yang harus menentukan kehendak Tuhan. itu Mustahil!!!

Hisab itu pembeda untuk masuk tingkatan surga karena ada 7 pintu sorga. Masing-masing pintu sorga akan memanggil manusia berdasarkan hisab tersebut.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-12-19 21:04
*****
Saudara Hamba Allah,

1. Apakah hisab merupakan bukti kasih sayang Allah kepada Muslim, bagaimana menurut sdr?

Menyayangi Allah dulu agar disayangi Allah. Ini berbeda dengan yang diajarkan Kitab Suci Allah. “Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita” (Injil, Surat 1 Yohanes 4:19).

2. Jika Allah SWT menyayangi, mengapa menghisab para Mukmin?

3. Sdr. Hamba, Yahya Pembabtis menyaksikan, “. . . Lihatlah Anak domba Allah [Isa Al-Masih], yang menghapus dosa dunia” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:29). Melalui kematian-Nya, Isa Al-Masih menjamin pengampunan dosa dan hidup kekal di sorga-Nya.
~
Daniar
# Wisnu Murti 2017-12-23 07:45
~
Isa adalah nabi utusan Allah. Yang berhak mengampunj adalah Allah, bukan nabi Isa.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2018-01-18 11:14
~
Sdr. Wisnu Murti,

Anda benar bahwa Isa Al-Masih datang atas utusan Allah yang Maha Penyayang, yang sangat peduli dengan nasib kekekalan kita, orang-orang berdosa yang seharusnya kekal masuk neraka.

Namun, mari perhatikan apa yang nabi Yahya sampaikan tentang Isa. “... Lihatlah Anak domba Allah [Isa Al-Masih], yang menghapus dosa dunia” (Injil Yohanes 1:29).

Nah, jika kita meyakini Allah sajalah yang dapat mengampuni dosa manusia, maka ketika Nabi Yahya menyatakan "Isa penghapus dosa", bukankah dengan sendirinya Nabi Yahya sadar dan memberitahu kita bahwa Isa Al-Masih adalah Allah itu sendiri, Allah yang berkuasa menghapus dosa kita? Apakah sebagai umat Muslim, Anda tidak mempercayai perkataan nabi Yahya, salah satu nabi yang wajib diimani umat Muslim?
~
Yuli
# Suminar 2018-01-11 21:58
~
Sdr. Daniar

Membaca 3 pertanyaan dalam artikel di atas, bolehkah saya bertanya terlebih dahulu? Agar bisa memahami lebih menyeluruh. Mana yang lebih menyelamatkan orang Kristen/Katolik:

1. Mempercayai bahwa Yesus putra Maria itu sebagai manusia yang menjadi Tuhan?

Atau
2. Mempercayai bahwa peristiwa penyaliban itu ada dan menjadi penghapus dosa orang Kristen/Katolik?

Atau
3. Beramal kebaikan dan menghindari perbuatan dosa, agar masuk kriteria sebagai calon penghuni surga.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2018-01-22 15:12
~
Saudara Suminar,

Pertanyaan yang bagus. Keselamatan bagi umat Kristen adalah anugrah Allah, bukan karena perbuatan baik kita. Anugrah keselamatan ini hanya diterima melalui iman di dalam Isa al-Masih.

Iman yang menyelamatkan adalah percaya hanya kepada Isa Al-Masih untuk memperoleh hidup kekal, artinya:

- Mengalihkan andalan kita sendiri (usaha & perbuatan baik) kepada Isa yang telah menjalani hukuman dosa kita di kayu salib.

- Mau menerima Isa Al-Masih yang bangkit dan hidup di dalam hidup sdr sebagai Juruselamat.

- Menerima Isa Al-Masih di dalam hidup kita sebagai Tuhan, di dalam hati kita ada ruang tahta, dan Isa-lah yang berhak atas tahta itu. Isa telah menebus kita dan Ia ingin bertahta dalam hidup kita sehingga hidup kita dipimpin oleh Isa.

- Bertobat dari dosa-dosa kita, artinya berbalik dari apa yang telah kita lakukan yang tidak berkenan kepada-Nya dan mengikuti kehendak-Nya yang ada dalam firman-Nya (Alkitab).

“Percayalah kepada Isa Al-Masih dan engkau akan selamat…” (Injil, Surat Kisah Para Rasul 16:31).
~
Daniar
# Jhon Kudus 2018-01-14 14:24
~
Hamba Allah 2017-12-06 09:42

1. Hisab itu untuk seluruh umat manusia dari umat Adam-Muhammad.

Om hisab itu hanya umat Muhammad, kedatangannya hanya memberi neraka Qs 19:71. Bagi kami pengikut Yesus Kristus hisab hanya bohong belaka.

2. Isa hanya manusia bukan Tuhan. Jadi lebih besar kasih sayang Allah karena sudah memberi kepada Umat adam-sebelum umat Isa.

Sudah baca surah az zhukruf mencatat Isa Al-Masih benar-benar mengetahui hari kiamat. Surat Lukman mengatakan hanya Allah yang mengetahui hari kiamat, saya bertanya mengapa Isa Al-Masih dan Allah mengetahui hari kiamat..? Jadi siapa Isa Al-Masih itu..?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2018-01-26 17:20
~
Saudara Jhon Kudus,

Terima kasih telah memberi respon komentar Sdr Hamba Allah.

Sdr benar, bagi yang percaya kepada Isa Al-Masih dijamin masuk sorga tanpa hisab. Karena begitu mengasihi manusia, Isa Al-Masih rela mati tersalib untuk menghapus dosa-dosa manusia. Kematian-Nya untuk menggantikan hukuman dosa yang seharusnya manusia tanggung.

Melalui kematian-Nya itu, Ia menjamin pengampunan dosa dan hidup kekal di sorga-Nya.  Firman-Nya, “. . . Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup . . . dan . . . tidak akan mati selama-lamanya  . . .” (Injil Rasul Besar Yohanes 11:25-26).
~
Daniar
# Jhon Kudus 2018-01-14 14:31
~
Wisnu Murti 2017-12-23 07:45

Yesus adalah nabi Allah. 
Orang yang memiliki hak untuk memaafkan adalah Tuhan, bukan nabi Isa.

"..Benarkah Allah SWT ada? Bila engkau sungguh mencari Allah, berpuasalah dan berdoalah maka engkau akan didatangi oleh Isa Al-Masih. Apa buktinya, lihatlah kesaksian umat Muslim masuk Kristen, semua didatangi oleh Isa Al-Masih, bukan Allah SWT atau Muhammad.

""Makanya bertobatlah engkau sebab Yesus Kristus adalah "Allahmu". Ia melakukan kuasa-Nya dan diam diantara umat-Nya, masuk akal bukan.

Baca Surat Az Zhukruf dan Lukman bahwa Isa dan Allah mengetahui Hari Kiamat, Jadi siapakah Isa Al-Masih itu?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2018-01-26 17:21
~
Saudara Jhon Kudus,

Terima kasih telah memberi respon komentar Sdr Wisnu Murti.

Memang Isa Al-Masih adalah Nabi. Namun Dia juga adalah Allah. Dia menjamin pengampunan dosa dan hidup kekal di sorga-Nya.  Firman-Nya, “. . . Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup . . . dan . . . tidak akan mati selama-lamanya  . . .” (Injil Rasul besar Yohanes 11:25-26).
~
Daniar
# sulaeman 2018-01-18 16:08
~
Kalau Nabi Isa Al-Masih menjamin akan menanggung dosa manusia. Itu pernyataan yang tidak masuk akal sehat dan bisa menyesatkan jutaan manusia.

Bagaimana mungkin saya yang berbuat dosa orang lain yang menanggung. Apa yang akan terjadi apabila semua umat Isa Al-Masih berbondong-bond ong melakukan perbuatan dosa. Karena merasa dosanya ada yang menanggung?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2018-01-30 23:24
~
Saudara Sulaeman,

Sdr memiliki pemahaman yang keliru tentang jaminan keselamatan dari Isa Al-Masih. Itu bukan jaminan untuk bebas berbuat dosa. Jaminan pasti selamat adalah anugerah-Nya. Maka ketaatan pengikut-Nya kepada-Nya sekarang bukan karena takut hukuman. Pengikut-Nya terdorong menaati karena mengasihi-Nya dan ingin membalas kebaikan kasih-Nya.
~
Daniar
# Jhon Kudus 2018-01-19 09:20
~
Sulaeman 2018-01-18 16:08

Sdr Sulaeman, apakah saudara sudah pernah membaca bahwa Taurat, Zabur, Kitab Para Nabi dan Injil adalah kalam Allah? Walaupun saya umat Kristen saya belajar juga tentang Al-Quran. Dalam Qs 5:46 mencatat: Orang yang mengimani Taurat, Zabur, Kitab Para Nabi dan Injil adalah orang bertaqwa kepada Allah. Qs 32:23 mencatat bahwa: Taurat adalah kalam Allah, jangan ragu-ragu akan pertemuan-Nya.

Sdr, tolong baca dan belajar dulu Alkitab (di dalamnya ada Taurat, Zabur, Kitab Para Nabi dan Injil). Nanti saya akan komen semua pertanyaan saudara tapi harus sepakat dan satu per satu, kita saling tanya jawab.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2018-01-30 23:26
~
Saudara Jhon Kudus,

Terima kasih telah menanggapi komentar Sdr Sulaeman. Kesepakatan yang bagus. Saran kami bila sdr ingin berdiskusi lebih inten dan terbeban untuk melayani umat Muslim. Kami persilakan saudara mengirim email ke 
~
Daniar
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%