default_mobilelogo

muslimah teacher clipart

(Artikel berikut menanggapi penjelasan Aisha Nurramdhani, Muslimah NU, dalam hal menilai uraian Mat Rizieq soal Tuhan Yesus sebagaimana dilaporkan dalam Infomenia.net, 28 Des. 2016)

Muslimah NU ini menjelaskan alasan orang Kristen menuhankan Isa Al-Masih. Memahami paparannya, kita akan mengerti benarkah Isa Al-Masih adalah Tuhan.

Muslim: Kristen Menuhankan Kemanusiaan Isa Al-Masih

“. . . olok-olok kaum awam ini dipandang oleh umat Nasrani sebagai hal yang tidak lucu sama sekali, sekaligus menyedihkan. Bukan . . . karena mereka sedang tersinggung sehingga merasa olok-olok itu tidak lucu. Tetapi lebih kepada rasa miris karena mengetahui pemahaman pengolok-olok itu terlalu dangkal,” kata Muslimah NU, Aisha Nurramdhani.

Ia menambahkan, “Bagi umat Kristen, Yesus [Isa Al-Masih] adalah Tuhan yang berinkarnasi (= menjelma) menjadi manusia, bukan manusia yang diangkat menjadi Tuhan seperti yang selama ini disalah-pahami umat Muslim.”

Aisha menjelaskan bahwa orang Kristen percaya kalau Tuhan itu Maha Kuasa dan “. . . bisa menjelma menjadi apapun, termasuk menjadi manusia. Menyangkal . . . Tuhan bisa menjelma menjadi manusia, berarti menyangkal kemahakuasaan Tuhan.”

Saran Cerdas Muslimah NU Bagi Para Muslim

Aisha menyarankan, “Pertama–tama kita harus mengerti terlebih dahulu posisi Yesus [Isa Al-Masih] di mata Kristiani. Ya, lepas dahulu kacamata Islam kita yang penuh dengan doktrin dan ayat-ayat Al-Quran tentang Nabi Isa agar dapat melihat dengan jelas perspektif Kristiani terhadap Yesus [Isa Al-Masih]. (Lepaskan perspektif Islamnya, bukan lepaskan agama Islamnya yach).”

Muslimah NU: Ujilah Ke-Ilahian Isa Al-Masih

Untuk mengenal ke-Ilahian Isa, Aisha menyarankan “. . . ujilah apakah Ia [Isa Al-Masih] pernah berbuat dosa atau tidak (karena kodrat manusia adalah berdosa). Dengan unsur Ilahi pada Isa, adakah mujizat besar yang Ia perbuat di mana mujizat ini hanya bisa dilakukan Allah sendiri . . . ?” sarannya.

mengejekMuslimah NU: Olok-Olok Karena Salah Paham

 Aisha prihatin akan olok-olokan terhadap umat Kristen.

“Salah satu hal yang sering menjadi olok-olok kepada kaum Nasrani adalah ketika orang awam membenturkan sifat ketuhanan Yesus [Isa Al-Masih] dengan kodrat-Nya sebagai manusia . . . mereka tidak paham sifat "sepenuhnya insani" (kamil bi al-nasut) dan "sepenuhnya ilahi" (kamil bi al-lahut) yang dimiliki Yesus [Isa Al-Masih] di atas. Yesus [Isa Al-Masih] adalah 100% Allah (dalam kapasitasnya sebagai Firman Tuhan) namun juga 100% manusia (dalam fisik insaninya).”

Salahkah Percaya Kepada Isa Al-Masih?

Menurut Muslimah NU ini kesaksian Al-Quran bahwa Isa Al-Masih adalah “. . . seorang anak laki-laki yang suci" (Qs 19:19) mengarah ke ke-Ilahian Isa.

Isa Al-Masih adalah Firman Allah. Ia menjadi manusia untuk mati tersalib guna menanggung hukuman dosa manusia.  “. . . supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya [Isa Al-Masih] tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

Jadi tidak salah, bahkan wajib mempercayai dan menaati Isa Al-Masih, bukan? Karena Isa Al-Masih adalah bukti sifat Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Allah. Melalui pengorbanan Isa Al-Masih disalib, manusia berdosa beroleh kemurahan Allah, yaitu hidup kekal.

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara terhindar dari hukuman karena dosa, silakan menghubungi kami.

[Staf Isa dan Islam – Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Muslimah NU di atas, selama ini banyak Muslim salah paham mengenal Isa Al-Masih. Bagaimanakah sikap yang benar dalam mengenal Isa Al-Masih?
  2. Menurut Anda, apakah yang menghalangi kaum Muslim sehingga salah memahami Isa Al-Masih?
  3. Sesuai artikel di atas, mengapa Isa Al-Masih layak diimani dan disembah?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami merasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# ramlan 2017-03-06 14:04
~
Isa Al-Masih dalam pandangan Islam hanya seorang Nabi/rasul utusan Allah untuk menyampaikan wahyu yaitu Injil. Semua kelebihan yg dimiliki hanyalah mujizat dari Allah Tuhan semesta Alam, Esa.

Islam mengakui Injil tetapi mengapa Kristen tidak mengakui Al-Quran dan rasul Allah. Setelah Isa Al-Masih yaitu Muhammad S.A.W., dan Allah mengancam yg tdk mengakui firman-Nya (Al-Quran kitab yang paling sempurna). Demikian pertanyaan dasar saya terima kasih.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-03-10 11:15
~
Saudara Ramlan,

Tidak salah bukan bila saudara mencoba saran dari Muslim NU untuk mengenal ke-Ilahian Isa Al-Masih. Sehingga saudara dapat memiliki pandanngan yang luas dan menemukan kebenaran.

“Islam mengakui Injil”, aneh bukan bila tidak mengenal ke-Ilahian Isa Al-Masih!

“Mengapa Kristen tidak mengakui Al-Quran dan rasul Allah.” Pada dasarnya bila isi kitab suci Islam sesuai dengan isi Kitab suci Allah yang dipercayai oleh orang Kristen, pasti hal ini diterimanya. Penjelasan kami selengkapnya silakan baca di link ini tinyurl.com/6uh4jag dan tinyurl.com/cj969my

Kiranya penjelasan dalam link tersebut menjadi pemahaman baru bagi Sdr. Ramlan.
~
Daniar
# MANDALA 2017-03-15 15:11
~
Saya percaya sepenuhnya bawa Yesus (Nabi Isa a.s ) benar-benar penuh mujizat, yakin sepenuhnya...Am in...!!
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-03-22 13:46
~
Saudara Mandala,

Terima kasih atas kesaksiannya.

Kalau boleh tahu apakah Sdr. Mandala setuju dengan saran Muslimah NU dalam artikel di atas? Atau mungkin sdr sudah mempraktekkan sarannya?

Terima kasih, kami tunggu tanggapan sdr.
~
Daniar
# Key 2017-03-31 21:54
~
Salam damai,

Untuk sumber referensi lain mengenai perbandingan antara Al-Quran dengan Alkitab beserta mengapa harus mengikuti Yesus bisa dilihat kesaksian Joseph Mario di Youtube. Ketik saja "An imam muslim converts to Christianity"

Intinya baik Alkitab dan Al-Quran sama-sama mengakui bahwa Yesus adalah Kalimat Allah. Segala isi bumi diciptakan melalui perkataan Tuhan/Allah bukan? Ini artinya Yesus adalah Tuhan itu sendiri. Semoga saudara Muslim yang lain mendapat kebenaran yang sesungguhnya seperti saya dan keluarga saya.

Terima kasih GBU
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-04-05 22:08
~
Saudara Key,

Terima kasih untuk referensinya kiranya menolong orang yang mencari kebenaran.

Sdr benar, baik Kitab suci Allah maupun Kitab suci Islam mengajarkan bahwa Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah. Berikut artikel kami tinyurl.com/k9kvhth

Terima kasih.
~
Daniar
# juli 2017-04-20 00:25
~
Hal paling bodoh kenapa saya harus baca artikel ini. Maaf, saya tidak mau berargumen. Kenapa kalau nulis tidak menyebutkan diri. Paling tidak kita bisa tahu siapa dan tahu orang kayak apa kamu.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-04-20 10:38
~
Saudara Juli,

Jangan kuatir orang tidak akan menjadi bodoh dengan membaca. Justru akan menambah pengetahuan. Tidak apa bila sdr tidak berargumen. Kami ucapkan terima kasih sdr sudah meluangkan waktu untuk memberikan komentar di sini.
~
Daniar
# Ahmad Dulkamzi 2017-04-23 22:21
*****
"Ujilah Ke-Ilahian Isa Al-Masih"

Dalam Qs 5:75 disebutkan, "Keduanya (yaitu Nabi Isa dan ibunya) biasa makan". Makan adalah sifat makhluk, bukan sifat Tuhan.

"..seorang anak laki-laki yang suci"
Saya juga suci tiap selesai berwudhu, berarti saya juga Tuhan, bukan?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-04-25 21:06
*****
Pertanyaan yang bagus, memang kita perlu menjadi kritis dalam menanggapi sesuatu yang belum kita mengerti. Memang dalam surat yang sdr kutip menyatakan kemanusian Isa Al-Masih. Namun apakah sdr tahu dalam ayat yang lain menyatakan ke-Illahian Isa Al-Masih? Silakan baca dan kritisi di sini tinyurl.com/jcagror

Demikian Kitab suci Allah menyatakan hal yang sama yaitu kemanusian dan keillahian Isa Al-Masih. Agar lebih detail penjelasannya silakan baca di sini tinyurl.com/gs6y7r6
Kiranya link-link tersebut dapat menolong sdr mengenal siapa Isa Al-Masih. Mengapa Isa Al-Masih makan, minum, tidur selayaknya manusia?

Isa Al-Masih suci, tidak ada dosa dalam diri-Nya. Bagaimana dengan sdr, apakah sdr tidak berdosa? Apakah dengan berwudhu dosa-dosa seperti pencurian, korupsi, berzinah, sombong, iri hati dapat dibersihkan dari hati?
~
Daniar
# nicky 2017-05-06 06:21
~
Siapa Muslimah NU yg anda maksud? Apakah benar menyatakan demikian? Tolong diungkap dg detail Muslimah NU yg anda maksud agar tdk menjadi fitnah!
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-05-10 03:13
~
Saudara Nicky,

Kami sangat menghargai keingintahuan sdr. Pada artikel di atas, pada bagian paling atas kami memberikan keterangan. Silakan sdr mengeceknya.
~
Daniar
# nawir 2017-05-06 16:00
~
Bicara tentang agama itu tdk akan selesai. Kalau saya sebagai Muslim saya percaya Isa tapi saya tdk percaya Isa di salib dan Yesus bukan Isa. Tapi Yudas, lihatlah firman Allah tentang Isa as di Quran surah Maryam dan surah Al Maidah. Kenapa kami marah atau tidak suka bahwa Kristen menuhankan Isa? Karena Isa bukanlah Tuhan tapi nabi di dlm Al-Quran. Banyak firman Allah tentang para ahli kitab yg menulis kembali Injil.

Kami menghormati Kalian wahai umat Nasrani. Tapi dlm hidup kami, kalian adalah kafir seperti di katakan oleh Al-Quran.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-05-10 03:15
~
Saudara Nawir,

Namun kita tidak sedang membicarakan agama, tetapi belajar dan mengenal siapakah Isa Al-Masih. Apakah sdr sudah membaca artikel di atas? Bukankah lebih bijak jika kita menyelidiki dari pada kita acuh atau marah?

Sdr Nawir, Injil sudah ada sebelum kitab sdr muncul. Jadi bila ada injil yang isinya tidak benar pasti akan ketahuan.

Jelas sdr keliru memberi sebutan “kafir” pada umat Nasrani. Silakan periksa dalam kitab sdr ini: “dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu [yaitu Isa Al-Masih] di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya" (Qs 3:55).
~
Daniar
# edwar 2017-05-08 08:45
~
Ass sdri, (katanya NU) "Tuhan Allah SWT Maha Kuasa", betul. Karena kemahakuasaan-N ya maka untuk mengampuni dosa sekalian manusia tidak perlu masuk ke manusia sebagai perantara. Di salib sebagai penebus dosa manusia lain atau apalah itu. Tidak ada yang sulit bagi Allah

Apakah Allah SWT juga mengalami kesulitan mengampuni semua dosa manusia di muka bumi ini? Mana kemahakuasaan-N ya? Allah SWT terlepas dari ketergantungan semua ciptaannya. Jangan dipahami kalau maha kuasa bisa berbuat apapun maka dia membutuhkan makhluk lain sebagai prasyarat/bentu k maha pemurah-nya untuk mengerjakan sesuatu. Cukuplah mengatakan "kun fa yaa kun" saja
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-05-10 03:16
~
Saudara Edwar,

Kami setuju dengan sdr bahwa Allah maha kuasa, tidak ada yang sulit bagi Allah. Lalu mengapa sdr membatasi kuasa dan kehendak Allah datang ke dunia menjadi manusia?

Kami juga setuju bahwa Allah maha mengampuni. Tapi Allah juga maha adil bukan? Untuk menyatakan keadilan-Nya maka dosa harus dihukum. Nah, di dalam Isa Al-Masih hukuman telah dilakukan keadilan Allah dinyatakan. Mungkin sdr dapat menjelaskan bagaimana pengampunan/kas ih Allah dan keadilan Allah dinyatakan?
~
Daniar
# # AYAT2 PALSU # 2017-05-14 21:02
*****
Para pembaca Yth,

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa situs ini adalah kepunyaan umat Kristen. Oleh sebab itu segala ketentuannya mereka itulah yang berhak menetapkannya. Mereka ini menamakan diri mereka adalah Dialog Agama lsa dan lslam. Apabila ada komentar yang tidak berkenan mereka berhak menghapusnya. Bagi yang mau berkomentar harus hati-hati agar tidak dihapus.

Jawaban no 1. Sikap yang benar dalam mengenal lsa As adalah belajar kepada Al-Quran. Sebab Al-Quran menerangkannya secara jelas.

Jawaban no 3. Umat lslam beriman kepada lsa as karena termasuk rukun iman bukan untuk disembah karena lsa as bukanlah Tuhan.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-05-16 22:50
~
Saudara Ayat2 Palsu,

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk memberi komentar dan menjawab pertanyaan-pert anyaan di atas. saran kami agar komentar tidak dihapus silakan memperhatikan petunjuk dalam memberi komentar, terima kasih.

1. Lalu bagaimana menurut sdr dengan pendapat Muslim NU di atas?

3. Bagaimana menurut sdr dengan pemaparan Muslim NU tentang siapa Isa Al-Masih? Bagaimana dengan sarannya apakah sdr dpt menerimanya, mengapa?
~
Daniar
# Muhammad Muahajirin 2017-05-23 13:50
~
Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarahkaaatuh,

Wahai saudaraku Umat Nabi Muhammad SAW yg dimuliakan Allah. Jangan anda sampai tergelincir dng memperdebatkan akidah. Di dalam surat Al-Kafirun sangat tegas Allah SWT. Kalau ada saudara kita Muslim dan Muslimah lari dari pada Al-Quran & Sunnah Nabi SAW. Mari kita bersama bermujat kepada Allah semoga mereka kembali kedua pusaka yg ditinggalkan Rasulullullah SAW. Amin
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-05-30 11:11
~
Saudara Muhammad Muahajirin,

Kitab sdr mengakui Injil. Bukankah lebih bijak bila kita menguji/mencoba saran, sehingga kita dapat mengerti & mengenal kebenarannya? Aneh bukan bila tidak mengenal ke-Ilahian Isa Al-Masih!

Apakah menurut sdr, Muslim NU tersebut telah lari dari kitab sdr? Silakan dijelaskan!
~
Daniar
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%