default_mobilelogo

bersalahMenurut agama, umat Islam dan Kristen wajib bertobat dari dosa-dosanya. Islam mengajarkan konsep taubat nasuha/taubatan nasuhaa. Sedangkan Kristen mengajarkan tobat kepada Isa Al-Masih.

Manakah yang pasti menjamin sorga?

Taubatan Nasuhaa Menurut Al-Quran

Umat Islam percaya bahwa Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Maka Ia pasti mengampuni segala dosa orang yang bertobat.

Al-Quran menuliskan, . . . bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa. Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah . . .” (Qs 66:8).

Menurut KSI Al-Khoirot, ada 3 syarat agar Allah menerima taubatan nasuhaa. Pertama, berhenti dari dosa itu seketika itu juga. Kedua, menyesali perbuatannya. Dan ketiga, tidak mengulanginya lagi.

Apakah Problema Taubatan Nasuhaa?

Pertama, mustahil manusia tidak mengulangi dosa yang sama. Dapatkah kita tidak lagi berbohong, bergosip, membenci sesama/kafir, iri hati, dan sebagainya?

Kedua, meskipun telah menghentikan dosa lama, kita pasti berbuat dosa yang baru.

Ketiga, bagaimana dengan dosa baru yang kita perbuat menjelang kematian? Maka kita tidak sempat bertobat saat itu. Kita akan menderita siksaan kekal di neraka karena dosa-dosa kita.

Keempat, Allah tidak adil karena tidak menghukum dosa, tapi hanya mengampuni dosa. Maka perintah dan larangan Allah tidak berguna, sebab semua pelanggaran diampuni-Nya. Bukankah kecuali Maha Pengampun, Allah juga Maha Adil, yaitu menghukum dosa?

Kelima, ketetapan Allah SWT, semua Muslim mendatangi neraka.“Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan” (Qs 19:71).

Semua Muslim harus mendatangi neraka dulu, dan dihisab dosanya. Maka mereka tidak pasti masuk sorga. Jika ada jaminan masuk sorga dalam ajaran Islam, sampaikan kepada kami di sini.

surgaBertobat kepada Isa Al-Masih, Apakah janji-Nya?

Isa bersabda, " . . . Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, . . . akan hidup walaupun ia sudah mati, dan . . . tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"(Injil, Rasul Besar Yohanes 11:25-26).

Isa Al-Masih, Kalimatullah telah turun dari sorga, menjadi manusia. Karena kasih-Nya, Ia rela mati tersalib guna menanggung hukuman dosa manusia. Supaya manusia tidak menderita hukuman kekal di neraka.

Melalui kematian-Nya itu, tuntutan keadilan dan kasih Allah terpenuhi. Adil, karena Allah menghukum dosa dengan kematian Isa Al-Masih. Kasih, karena Ia mengampuni setiap orang yang percaya kepada Isa Al-Masih.

Jika Anda masih ragu atau tidak percaya akan kuasa penebusan Isa Al-Masih, sampaikan kepada staff kami di sini.

Manakah Tobat Yang Menjamin Sorga?

Jelaslah, bukan taubatan nasuhaa, melainkan tobat kepada Isa yang menjamin sorga.

Isa Al-Masih menjamin pengampunan dosa dan hidup kekal. Jika kita menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat.

[Staf Isa dan Islam - Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Mengapa taubatan nasuhaa tidak menjamin keselamatan kekal di sorga?
  2. Apakah Saudara tahu ajaran yang menjamin sorga melebihi jaminan Isa Al-Masih? Berikan satu contohnya!
  3. Bagaimana tobat kepada Isa Al-Masih menjamin masuk sorga?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# hamid 2017-06-23 03:50
~
Tuhan itu maha kuasa, sehingga Dia bisa jadi Yesus, sebab tidak ada yang mustahil baginya. Apa betul seperti itu Kristen?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-06-23 12:25
~
Saudara Hamid,

Terima kasih atas komentarnya.

Kami balik bertanya. Dengan pertanyaan yg sdr tujukan kepada kami bagaimana menurut sdr? Bukankah benar Allah maha kuasa dan tidak ada yang mustahil bagi Allah. Bila Allah berkehendak menjadi manusia adakah yang melarang-Nya, atau mungkin Allah tidak dapat melakukan kehendak-Nya?

Silakan direnungkan baik-baik, bila berkenan silakan menanggapinya.
~
Daniar
# #Ayat2 Palsu# 2017-06-25 18:29
~
Pro.Staff IDA,

Kalau yg membikin artikel di atas ini adalah orang-orang golongan kafir sudah pasti bahwa taubatan nassuha tidak menjamin keselamatan kekal di surga. Apalagi Isa Al-Masih yang tdk tahu apa-apa dimunculkan sebagai pahlawan penyelamat.

Benar, ajaran lslam lah menjamin surga melebihi lsa Al-Masih. Dalam Alkitab kalian Yesus pernah berkata bahwa Dia (Yesus) telah diberi Kuasa oleh Bapa baik di langit maupun di bumi. Dari pernyataan Yesus saja sudah dapat dipastikan bahwa sebelumnya Yesus tidak mempunyai apa-apa. Jadi Yesus bukanlah Tuhan. Jadi kita tidak perlu bertobat kepada lsa Al-Masih. Buat apa? Masa bertobat kepada sesama manusia, biarkan saja lsa Al-Masih bertobat kepada Allah.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-06-29 16:46
~
Saudara Ayat2 Palsu,

Silakan dijelaskan bagaimana tobat nasuha dapat menjamin keselamatan. Bagaimana dengan beberapa problema yang ditulis dalam artikel di atas? Kalau boleh tahu, apakah sdr sudah melakukan tobat nasuha. Apa yang membuat sdr yakin selamat?

Sdrku, dalam Injil sangat jelas mengajarkan bahwa Isa Al-Masih adalah Allah. Perhatikan firman Allah berikut ini:

“Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1). Allah mengutus Kalimat-Nya datang ke dunia. Sebagai utusan tentu saja diberi kuasa. Namun sebagai Allah jelas Dia Maha segalanya. Oleh sebab itu Isa Al-Masih berkuasa mengampuni dosa dan menjamin keselamatan kekal umat manusia. Jadi, kita perlu bertobat kepada Isa Al-Masih, bukan?
~
Daniar
# #Hamid # 2017-06-25 20:58
~
Sdr Daniar,

Sekalipun Allah maha kuasa dan tidak ada yang tidak mustahil bagi Allah apabila berkehendak karena merujuk ke Qs 112:4 bahwa Allah itu tidak ada yang menyerupai apapun/setara dengan-Nya. Oleh sebab itu dengan alasan bahwa Allah berkehendak sebagaimana yang sdr maksudkan tidak berlaku bagi-Nya. Allah itu maha tahu sekecil apapun yang terdapat di hati Sdr.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-06-29 16:47
~
Saudara Hamid,

Tentu saja tidak ada yang menyerupai dan tidak ada yang setara dengan Allah. Tapi Allah dapat menjadi apa saja bukan?
~
Daniar
# hamid 2017-06-30 18:58
~
Jika Tuhan menjelma jadi manusia maka Tuhan sama dengan ciptaan-Nya. Karena sifat Allah adalah pencipta.

Contoh: saya ciptakan meja dari kayu, lalu apakah saya dengan meja itu sama? Pencipta dengan ciptaan itu tidak sama...!
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-07-14 02:35
~
Saudara Hamid,

Kami kira sdr sudah membaca dan tahu dalam kitab sdr, bahwa Allah menampakkan diri kepada Nabi Musa. Dapatkah sdr menjelaskan hal itu?
~
Daniar
# hamid 2017-06-30 19:03
~
Jika Yesus itu Tuhan kenapa Dia menebus dosa dengan nyawa-Nya? Kenapa tidak dengan ampunan? Bukankah Tuhan itu kuasa di alam ini.

Contoh: jika anak anda salah lalu apakah seorang bapak akan mengorbankan nyawanya untuk menebus dosa anaknya? Ajaran apa ini?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-07-14 02:37
~
Saudara Hamid,

Isa Al-Masih memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang termasuk saya dan sdr.

Sdr benar, Tuhan maha kuasa dan pengampun. Namun Tuhan juga maha adil, bukan? Sehingga dosa harus dihukum. Melalui kematian Isa Al-Masih itu, tuntutan keadilan dan kasih Allah terpenuhi. Adil, karena Allah menghukum dosa dengan kematian Isa Al-Masih. Kasih, karena Ia mengampuni setiap orang yang percaya kepada Isa Al-Masih.

Jika sdr masih ragu atau tidak percaya akan kuasa penebusan Isa Al-Masih, sampaikan kepada staff kami di
~
Daniar
# free 2017-07-04 09:35
~
Mohon Tunjukan kalau Isa Al-Masih itu sebagai Tuhan?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-07-14 02:38
~
Saudara Free,

Isa Al-Masih adalah Tuhan seperti yang diajarkan dalam Kitab suci Allah. Bila sdr sunggung ingin mengetahui kebenarannya silakan email kami di
~
Daniar
# # Ayat2 Palsu# 2017-07-05 09:01
~
Sdr.Daniar,

Saya lebih percaya dan yakin terhadap apa yang diwahyukan Allah di dalam Al-Quran daripada ayat Alkitab yang sdr tunjukkan. Begitu pula untuk apa perlunya sdr menanyakan apakah saya sudah diampuni dosa-dosa saya oleh Allah SWT. Hal itu adalah urusan saya dengan-Nya. Dialah yang lebih mengetahui segala sesuatunya dari pada sdr. Mohon direnungkan.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-07-22 00:12
~
Saudara Ayat2 Palsu,

Kami menghormati keyakinan sdr. Namun aneh bila sdr percaya dan yakin pada kita sdr tapi tidak dengan Kitab suci Allah.

Memang kami tidak mengetahui segala sesuatu, kami adalah ciptaan-Nya. Sedangkan Allah yang mengetahui segala sesuatu dan penentu segala sesuatu.  Dan Dia menentukan kalau kita menerima Isa Al-Masih sebagai Juru selamat kita pasti masuk sorga. Ini satu hal yang Allah tentukan. Sehingga dengan janji Allah tersebut kita dapat yakin bahwa dosa kita telah diampuni, bukan?
~
Daniar
# # Ayat2 Palsu# 2017-07-08 18:45
~
Para Sdr ku sesama Muslim dan seiman. Setelah kita berdialog dengan sdr non Muslim jelaslah di sini bahwa yang banyak berperan untuk memberikan komentar dalam hal/artikel apapun adalah dari pihak Umat lslam. Mereka ini (non lslam) hanyalah sebagai umpan. Apabila umpan mengena barulah mereka mulai bersikap. Pada umumnya mereka ini menunggu jawaban dari umat Muslim.

Dalam artikel yang membahas tentang tobat nasuha mereka ini berpura-pura berkomentar bahwa tobat nasuha tidak memberi jaminan masuk surga. Pada hal mengenai sejarah tobat nasuha ini adalah suatu kisah nyata yang pernah terjadi. Mereka/non Muslim ingin sekali mengetahui. Barulah ketahuan bahwa mereka ini tidak mengetahuinya.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-07-22 00:35
~
Saudara Ayat2 Palsu,

Bukankah lebih tepat bila tentang tobat nasuhaa ditanggapi oleh orang Muslim?

Nah, bagaimana sdr menjelaskan problema taubat nasuhaa, seperti yang ditulis di atas?

Oh ya, apakah sdr sudah melakukan tobat nasuhaa?
~
Daniar
# hamid 2017-07-09 00:11
~
Maka dalam teologi Kristen tidak masalah bila Tuhan menciptakan makhluk yang Dia kalah dari makhluk tersebut sebab Tuhan maha kuasa.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-07-22 00:25
~
Saudara Hamid,

Makhluk yang manakah yang sdr maksud diciptakan Tuhan sehingga mengalahkan Pencipta-Nya?

Sdr. Hamid, Allah adalah Pencipta, Maha kuasa tidak ada yang mengalahkan Dia, bukan?
~
Daniar
# Aji 2017-07-13 01:27
~
Taubat dan berserah diri hanya kepada Allah SWT. Aku mengimani Nabi Isa tapi tidak menuhankan.

Wassalam.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-07-22 00:27
~
Saudara Aji,

Demikian halnya kami, bertaubat dan berserah diri hanya kepada Allah. Kami mengimani Isa Al-Masih adalah Tuhan dan Juruselamat. Bukan kami mengangkat Isa Al-Masih menjadi Tuhan, tapi memang Isa Al-Masih adalah Tuhan. Karena demikianlah yang dinyatakan dalam firman Tuhan.

Nah, karena Isa Al-Masih adalah Allah maka kami bertobat dan menyerahkan keselamatan diri kami kepada-Nya. Inilah janji Isa Al-Masih bagi yang mempercayakan hidupnya kepada-Nya, Isa bersabda, " . . . Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, . . . akan hidup walaupun ia sudah mati, dan . . . tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"(Injil, Rasul Besar Yohanes 11:25-26).

Jika Anda ragu atau tidak percaya akan kuasa penebusan Isa Al-Masih, sampaikan kepada staff kami di
~
Daniar
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%