default_mobilelogo

kapal lautBanyak kesaksian orang Kristen masuk Islam. Pun ribuan kesaksian orang Islam menjadi Kristen karena kisah Nabi Isa. Apakah kita memercayainya tanpa bersikap kritis?

Tentu tidak! Kita perlu menyelidiki kebenarannya. Memperhatikan kesaksian di bawah ini, kita dapat bersikap bijak terhadapnya.

Amid Rajin Membaca Al-Quran

Amid Hasan berasal dari Muslim Suni dan juga salah satu pemimpin politik partai nasionalis yang sedang berkuasa.

Pada tahun 1987 ia bekerja di bagian Perniagaan Laut. Ia hanya bekerja delapan jam sehari. Dan menggunakan 16 jam lainnya untuk membaca Al-Quran. “Apa artinya itu?” tanya kaptennya, yang bernama Fernandez.

Jawabnya “Saya tidak tahu.” Meski lancar membaca Al-Quran, namun ia tidak benar-benar mengerti bahasa Arab serta artinya.

Maka tertawalah kapten Fernandez dan berkata, “Apa? Anda membacanya sepanjang hari, dan. . . tidak tahu artinya? Ini sungguh hal terbodoh yang pernah kudengar.” Maka Amid marah, namun juga bertanya dalam hatinya, mungkin dia benar.

Amid Ingin Lebih Memahami Muhammad

Lalu Amid membeli Al-Quran yang disertai terjemahan bahasa Bangla, untuk lebih memahami Muhammad. Namun penemuannya membuatnya gelisah.

Katanya; “Di Al-Quran, saya menemukan ada 23 gelar mulia yang telah diberikan Allah kepada Isa. Juga, saat ini Muhammad tidak bersama Allah, tetapi Isa bersama Allah di sorga. Muhammad tidak akan datang kembali, tetapi Isa akan datang kembali.

Muhammad tidak akan ada dalam penghakiman terakhir, tetapi Isa ada dalam penghakiman terakhir. Menurut Al-Quran, Muhammad bukanlah juruselamat sedangkan nama Isa sendiri berarti ‘Juru Selamat.’ Muhammad hanya utusan tetapi Isa tersebut Rohullah, Roh-Nya Allah.”

alkitab alquranBeda Kuasa Muhammad dan Isa Al-Masih

Al-Quran dan Injil Allah menerangkan perbedaan tugas dan kuasa keduanya. “. . . aku [Muhammad] tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan” (Qs 46:9).

Sedangkan Isa Al-Masih (Yesus) adalah Juruselamat, “. . . karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka” (Injil, Rasul Besar Matius 1:21)

Saran Bijak Kyai Kepada Amid

Amid mendebat para maulana karena pengajaran mereka berbeda dari penjelasan Al-Quran. Salah satunya kisah Nabi Isa. Sebagian maulana menuduhnya gila, tetapi yang lain membenarkannya. 

Salah satu dari maulana itu, seorang kyai yang berusia 80 tahun, memberikan saran kepadanya. Katanya “Anda perlu mencari komunitas orang Kristen sehingga dapat menemukan bagaimana kehidupan Isa Al-Masih.”

Saran itu mendorongnya untuk mendapatkan Alkitab dan mempelajari kehidupan Isa lebih lanjut. Pada tahun 2002, ia percaya kepada Isa Al-Masih.

Bijak Menanggapi Kesaksian

Jadi Amid menemukan bahwa, Isa melebihi Muhammad dalam segala hal.

Tidaklah bijak percaya atau menolak kesaksiannya tanpa menyelidikinya terlebih dahulu. Anda sendiri dapat menyelidiki informasi tentang Isa Al-Masih dalam Injil Allah. Anda dapat men-download-nya di sini atau apps-nya di sini.

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca:

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Saudara, tepatkah saran kyai di atas kepada Amid agar mencari orang Kristen dan Injil untuk mengenal Isa Al-Masih dengan benar? Alasannya?
  2. Mengapa untuk mengenal Isa dengan lengkap tidak cukup dari Al-Quran dan harus mempelajari Injil Allah?
  3. Isa Al-Masih adalah Juruselamat, sedangkan Muhammad bukan. Bagaimanakah sikap kita seharusnya terhadap Isa?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# Abyds 2016-10-20 21:05
~
Juru selamat itu Allah bukan Isa, ini buktinya :

Kitab Nabi Yesaya 45:21
“Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu. ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukann ya dari sejak dahulu? Bukankah Aku,TUHAN? Tidak ada yg lain, tidak ada Allah selain dari pada-ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!”
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-10-24 11:36
~
Saudara Abyds benar sekali, Juruselamat itu adalah Allah. Kita manusia yang berdosa tidak dapat menyelamatkan diri sendiri. Kita membutuhkan Juruselamat, betul tidak?

Nah, karena kasih-Nya yang begitu besar kepada manusia, Allah bertindak untuk menyelamatkan manusia dari genggaman iblis serta hukuman kekal akibat dosa. Rencana Allah dalam menyelamatkan manusia ialah bahwa Ia sendiri yang akan memikul hukuman dosa manusia. Itulah sebabnya mengapa Ia disebut “Kalimat Allah” yang menjelma ke dunia. Dilahirkan sebagai bayi melalui perawan Maryam.

Banyak artikel kami yang menguraikan siapakah Isa Al-Masih sesungguhnya. Silakan baca dan selidiki di sini tinyurl.com/c4phapd Bila ingin menyelidiki dan mengenal Isa Al-Masih lebih dalam Sdr. Abyds dapat mengemail kami di
~
Daniar
# Jerry johnny 2016-10-22 10:19
~
Saya suka Injil yang dulu yang belum banyak diubah oleh manusia yang mengatakan Isa Al-Masih Tuhan yang berwujud manusia.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-10-24 11:37
~
Saudara Jerry Johnny,

Seringkali kami mendengar orang Muslim mengatakan suka/percaya Injil yang dulu yang belum diubah. Namun setelah kami tanya mereka tidak dapat menunjukkan Injil dulu itu. Kami heran, mengapa orang Muslim sering mengatakan Injil yg dulu yang belum diubah. Tapi sebenarnya mereka tidak tahu, bahkan belum pernah membaca Injil yang dikatakan itu. Aneh bukan?

Oh ya, bagaimana dengan Sdr. Jerry kami kira saudara tidak seperti mereka. Karena menurut saudara, saudara suka Injil yang dulu. Artinya Sdr. Jerry sudah pernah membacanya atau bahkan memiliki Injil yang saudara maksud itu. Untuk itu kiranya Sdr. Jerry dapat menunjukkan Injil itu! Terima kasih.
~
Daniar
# Wahyudi insan 2016-11-02 22:40
~
Untuk apa Tuhan menyelamatkan manusia tanpa manusia pun Tuhan tetap kuasa. Yang menyelamatkan manusia adalah imannya, yang akan diperhitungkan di hari pembalasan. Kalau Tuhan yang akan menanggung dosa umatnya untuk apa ibadah. Lebih baik kita berbuat dosa (mabuk, zinah, dll) saja nantinya Tuhan juga yang akan mempertanggungj awabkan.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-11-16 11:20
~
Saudara Wahyudi Insan,

Terima kasih telah memberikan komentar di room ini. Sdr. Wahyudi benar, Allah Maha Kuasa dan kuasa-Nya tidak berubah oleh apapun.

Pertanyaan kami kiranya Sdr. Wahyudi dapat memberikan penjelasan! Menurut Sdr. Wahyudi, iman yang bagaimana yang menyelamatkan dan apa tujuan saudara beribadah?

“Lebih baik berbuat dosa saja”? Sdr. Wahyudi, ketika saudara mendapat pertolongan secara cuma-cuma ketika harus menjalani hukuman karena kejahatan saudara. Apakah yang selanjutnya saudara lakukan? Apakah saudara akan diam saja, acuh, atau kembali berbuat jahat?
~
Daniar
# umar 2016-12-16 08:16
~
1. Saya setuju bahwa Isa alaihissalam Juruselamat dan Muhammad shallahu alaihi wasallam pemberi peringatan yang menjelaskan. Kalimat berbeda tapi makna sama, bukankah seorang juruselamat itu memberi peringatan dan menjelaskan kebenaran.

2. Isa Al-Masih bersama Allah di langit. Adakah itu jumlahnya 2. Jadi yang mana kita ikuti? Allah atau Isa?

3. Ketika umat Adam menduakan (syirik) Allah, diutuslah Nabi Nuh. Ketika Umat Nabi Nuh menduakan Allah, diutuslah Nabi-nabi sampai Ibrahim. Ketika umat Ibrahim dan Islamil menduakan Allah diutuslah Musa, ketika umat Musa menduakan Allah diutuslah Isa, dan ketika umat Isa menduakan Allah diutuslah Muhammad Shallahu Alaihi Wasallam.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-15 21:33
~
Saudara Umar

1. Juruselamat artinya seseorang yang menyelamatkan nyawa orang lain. Contoh: Ketika ada yg jatuh dalam lubang maka Juruselamat akan mengangkatnya dari lubang tersebut. Sedangkan pemberi peringatan artinya hanya menyampaikan peringatan, bukan sebagai penyelamat. Contoh: Ketika ada yang jatuh dalam lubang hanya memberi peringatan tidak menyelamatkan. Jadi sangat beda bukan.

2. Sdr.Umar, Isa Al-Masih dan Bapa adalah satu. Berikut yang dinyatakan Isa Al-Masih: “Aku dan Bapa adalah satu." (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:30). Jadi mengikuti Isa Al-Masih sama dengan mengikuti Allah. Agar lebih jelas tentang Isa Al-Masih dan Bapa silakan baca di tinyurl.com/q6z977d

3. Kalau boleh tahu darimanakah penjelasan itu Sdr. Umar dapat?
~
Daniar
# Yes 2016-12-18 18:19
*****
Isa Al-Masih adalah Juruselamat, sedangkan Muhammad bukan. Bagaimanakah sikap kita seharusnya terhadap Isa?
===
Bersedia diselamatkan oleh-Nya. Ibarat kita terdampar di laut, kalau datang penyelamat, ya harus bersedia diangkat/disela matkan.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-15 21:37
~
Saudara Yes,

Terima kasih telah menjawab pertanyaan kami di atas.

Pilihan yang tepat. Dan tepat sekali untuk mendapatkan keselamatan kita harus menerima anugerah keselamatan. Seperti yang dilakukan Sdr. Amid dalam kesaksian di atas.
~
Daniar
# Yes 2016-12-18 18:29
~
# Wahyudi insan 2016-11-02 22:40
Untuk apa Tuhan menyelamatkan manusia.. Yang menyelamatkan manusia adalah imannya, ...
=====
Tuhan tidak perlu tapi Iman. Apa maksudnya?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-15 21:39
~
Saudara Yes,

Kami juga bertanya kepada Sdr. Wahyudi, iman yang bagaimana yang menyelamatkan? Jadi ada baiknya Sdr Wahyudi memberikan penjelasan. Sehingga kita semua dapat memahami maksud saudara.

Terima kasih.
~
Daniar
# Erwin 2016-12-20 20:54
~
Baca Injil yg asli yg benar-benar turun dari Allah swt yg diturunkan ke Nabi Isa as. Baru kamu akan tahu yang sebenarnya. Karena di Al-Quran kita Muslim dapat penjelasan yang sejelas-jelasnya.

Terima kasih.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-15 21:42
~
Saudara Erwin,

“Baca Injil yg asli yg benar-benar turun dari Allah swt yg diturunkan ke Nabi Isa as.”

Pertanyaan kami, dapatkah Sdr. Erwin menunjukkan Injil yg saudara maksud tersebut? Dan sudahkah Sdr. Erwin membacanya?

Kalau boleh tahu dan bisa dibagikan penjelasan yg jelas dari kitab Sdr. Erwin itu apa?
Kiranya Sdr. Erwin dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pert anyaan kami ini, terima kasih.
~
Daniar
# Daffi 2016-12-28 22:10
~
Salam damai bro, apakah Isa as pernah mengatakan Tuhan dalam Injil maka sembahlah aku?

Kami Muslim percaya Isa as dgn segala mujizatnya. Tapi itu dgn seijin Tuhan yg menciptakan dia, dia bukanlah Tuhan, melainkan utusan Tuhan.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-15 21:47
~
Saudara Daffi yang kami kasihi,

Salam damai juga saudaraku. Sudah sering kami menerima pertanyaan seperti ini: “apakah Isa as pernah mengatakan Tuhan dalam Injil maka sembahlah aku?” Untuk itu silakan membaca jawabannya di sini tinyurl.com/cgrffm4 atau tinyurl.com/mbtlyy5

Kamipun percaya Isa Al-Masih adalah utusan, tapi Dia lebih dari utusan, Dia adalah Allah. Selengkapnya dapat Sdr. Daffi baca di sini tinyurl.com/jcagror

Kiranya penjelasan dalam artikel-artikel yang kami berikan dapat menjadi pencerahan bagi Sdr. Daffi.
~
Daniar
# mahesa Untara 2016-12-31 14:16
~
Saya hanya percaya Allah itu Esa maha hebat, maha kuat, maha besar, maha suci tiada satupun yg bisa bersanding dengan Nya. Tiada Tuhan yg menjelma menjadi manusia.

Ajaran Trinitas itu adalah karena Kristen besar dan berkembang di Yunani. Dan secara budaya dan tradisi turun temurun mempercayai bahwa dewa dewa itu punya anak (Hercules lah contoh terdekat yg kita kenal lewat film). Dogma itu tertanam dan agar agama Kristen bisa diterima oleh Yunani dalam gereja hingga sekarang.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-15 21:57
~
Saudara Mahesa Untara,

Kamipun percaya Allah itu Esa, Maha hebat, Maha kuat, Maha besar, Maha suci tiada satupun yg bisa bersanding dengan Nya. Tapi anehnya mengapa Sdr. Mahesa membatasi Kemahaan Allah, bukankah tidak ada yang mustahil bagi Allah? Allah berkehendak menjadi manusia maka terjadi bukan?

Sdr. Mahesa sepertinya saudara salah mengerti tentang sebutan “Anak Allah” bagi Isa Al-Masih. Untuk itu silakan baca dan pelajari di sini tinyurl.com/pbuq3xf

Sedangkan Trinitas artinya Allah yang Esa yang terdiri dari tiga Pribadi yang berada bersama dalam kekekalan. Dan yang terpenting adalah bahwa konsep yang diwakili oleh kata “Trinitas” ada dalam Alkitab. Silakan pelajari dan selidiki di sini tinyurl.com/kqv4ebc

Kiranya penjelasan dalam artikel-artikel yang kami berikan dapat meluruskan kesalah pahaman Sdr. Mahesa.
~
Daniar
# ary 2017-01-04 14:32
~
Allah SWT tidak beranak dan tidak diperanakan.
Nabi Isa as adalah utusannya bukan tuhan apalagi anaknya.

Al-Quran adalah kitab yg sempurna penyempurnaan dari kitab-kitab sebelumnya. Tidak pernah diubah walau 1 kata.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-15 22:13
~
Saudara Ary,

Silakan baca kembali jawaban kami pada kolom komentar Sdr. Daffi dan Sdr. Mahesa. Supaya saudarapun dapat memiliki pemahaman baru dan meluruskan kesalah pahaman Sdr. Ary.
~
Daniar
# alien 2017-01-07 01:05
~
Tuhan tidak dilahirkan juga tidak beranak. Tuhan tidak bisa diburu apalagi dihajar. Tuhan sang Pencipta hanya bilang terjadilah maka sesuatu akan terjadi. Tanpa menunggu dilahirkan karena Tuhan hanya 1 dan itu Allah yg esa...soal kesaktian semua nabi sakti...
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-31 00:09
~
Saudara Alien,

Kamipun percaya bahwa Tuhan tidak beranak dan diperanakkan. Ada artikel kami yang menjelaskan tentang itu. Jadi silakan Sdr. Alien mencermatinya di sini tinyurl.com/pq7m8hd

Nabi saudara memberitahukan bahwa “. . . aku [Muhammad] tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan” (Qs 46:9). Jadi, apa kesaktiannya yg sama dengan Nabi-nabi Allah?
~
Daniar
# alien 2017-01-07 01:13
~
Soal Islam menjadi Kristen itu berarti Islam "KTP" dan iman yang dangkal. Karena bila sudah baca Al-Quran dan tahu artinya pasti imannya tambah kuat.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-31 00:10
~
Saudara Alien,

Bila dikatakan sebagai Islam “KTP” pastinya dia tidak akan membaca, menyelidiki kitab saudara, betul tidak? Saran kami, baca baik-baik kesaksian di atas. Bagaimana dia mendalami agamanya.

Oh ya, bagaimana dengan Sdr. Alien, maaf apakah saudara sudah membaca Al-Quran dan tahu artinya. Bagaimana reaksi saudara bila menemukan hal yang sama seperti yang ditemukan dalam kesaksian di atas?
~
Daniar
# Al 2017-01-15 05:40
~
Allah maha kuasa. Jika tidak kuasa berarti bukan Tuhan. Allah bukan manusia, jika dia manusia dia bukan Tuhan. Allah tahu hari kiamat jika dia tidak tau hari kiamat dia bukan Tuhan. Allah sang Pencipta seluruh alam semesta. Jika dia bukan sang Pencipta dia bukan Tuhan.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-31 00:25
~
Saudara Al,

Apa yang saudara sebutkan adalah ciri-ciri yang dikenakan bagi Allah.

Menurut saudara adakah selain Allah yang dapat mengampuni dosa, sebagai Juruselamat? Tidak ada bukan?

Bila sudah mengetahui kebenaran ini, apakah sdr masih meragukan-Nya?
~
Daniar
# kemuncup 2017-01-16 02:04
~
Juruselamat artinya seseorang yang menyelamatkan nyawa orang lain. Contoh: Ketika ada yg jatuh dalam lubang maka Juruselamat akan mengangkatnya dari lubang tersebut. Sedangkan pemberi peringatan artinya hanya menyampaikan peringatan, bukan sebagai penyelamat. Contoh: Ketika ada yang jatuh dalam lubang hanya memberi peringatan tidak menyelamatkan. Jadi sangat beda bukan.
Sudah terang lagi jelas kata katanya...

Memang pemberi peringatan itu lebih utama dibanding juruselamat...c ontohnya ada peringatan tentang lubangnya ..tak mungkin akan jatuh...jadi dari awalnya memang tak perlu lagi diselamatkan..

Juruselamat hanya wujud bila ada yang tidak terselamat..jik a itu yang saudara maksudkan di atas...
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-31 00:53
~
Saudara Kemuncup,

Juruselamat lebih dari pemberi peringatan saudaraku. Dia adalah jalan ke Allah. Dia mengajarkan kebenaran karena Dia adalah kebenaran itu sendiri. Dia adalah Allah yang hidup. Makanya Isa Al-Masih bersabda: "Akulah jalan, kebenaran dan hidup..." (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

Menurut saudara adakah manusia berdosa dapat selamat dari murka Allah?
~
Daniar
# ola 2017-01-16 21:44
~
Bagaimana sebenarnya orang Nasrani di mata orang Muslim?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-01-31 00:56
~
Saudara Ola,

Terima kasih atas komentarnya.

Pertanyaan saudara ini lebih tepat bila saudara Muslim yang menjawab. Sehingga sesuai dengan pandangan mereka.
~
Daniar
# alfahri taofik 2017-01-17 17:43
~
Maaf saya hanya sedikit membenarkan tentang nabi Isa as dianggap Tuhan. Nabi Isa dilahirkan oleh wanita perawan, dan tanpa bapa, apakah benar?

Apakah anda tahu Nabi Adam? Bahkan beliau tdk dilahirkan oleh seorang ibu dan tanpa ayah, itu berarti nabi Adam adalah Tuhan yg paling agung.

Kesimpulannya adalah jika anda menganggap Nabi Isa as adalah Tuhan, maka Nabi Adam adalah Tuhan yg paling agung, bukan begitu?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-02-10 21:17
~
Saudara Alfahri Taofik,

Bila Sdr. Alfahri percaya kitab suci agama Islam, pasti saudara tahu tentang kelahiran Nabi Isa Al-Masih.

Perlu saudara ketahui bahwa Isa Al-Masih disebut sebagai Tuhan bukan hanya karena Dia dilahirkan oleh wanita perawan dan tanpa bapa. Tetapi memang Dia adalah Tuhan. Dia adalah Kalimat Allah yang datang ke dunia melalui perawan Maryam dengan proses kelahiran.

Jadi, sangat berbeda dengan Adam. Adam adalah ciptaan Allah. Sedangkan Isa Al-Masih adalah Pencipta. Penjelasan selengkapnya dapat Sdr. Alfahri baca di sini tinyurl.com/jg4qlhg

Kiranya penjelasan kami ini dapat menjadi pemahaman baru bagi Sdr. Alfahri.
~
Daniar
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%