default_mobilelogo

al quran 1Lantunan Al-Fatihah yang diucapkan teman-teman Sekolah Dasarku masih tergiang di telingaku. Mereka selalu mengucapkan Al-Fatihah sebelum memulai pelajaran agama Islam.

Namun, banyak teman Muslim saya hanya mengucapkan tanpa mengerti maksudnya. Padahal menurut umat Islam, banyak keistimewaan dan manfaat Al-Fatihah.

Keistimewaan Surah Al-Fatihah

al quran 2Dalam hadist, Muhammad berkata, “Membaca Fatihah Al-Quran pahalanya seperti sepertiga Al-Quran.” Menurut media Islam, surat ini memiliki keistimewaan, antara lain:

  1. Kebaikan orang yang membaca Al-Fatihah tersebut diterima oleh Allah SWT.
  2. Akan selamat lidah mereka dari api neraka yang sangat panas.
  3. Mampu berjumpa dengan Allah SWT.
  4. Terbebas dari azab ketika ia dikubur nanti.
  5. Keutamaan dan khasiat membaca surat Al-Fatihah sebelum tidur mampu membuat seseorang aman dari segala hal, kecuali kematian.
  6. Rumah yang sering dibacakan Al-Fatihah dan Al-Ikhlas akan bebas dari kefakiran, serta akan berlimpah kebaikan.
  7. Membaca Al-Fatihah sudah seakan-akan menyedekahkan emas di jalan Allah.

Jika benar membaca surah Al-Fatihah membebaskan dari azab kubur, maka itu sangat menghibur. Para Mukmin tidak perlu takut menghadapi kematian. Tetapi, mengapa masih banyak Mukmin takut menghadapi kematian?

Karena memiliki banyak faedah, maka kita perlu mempelajarinya lebih mendalam dan dari segi baru. Agar kita mengerti makna-makna tersembunyi dibaliknya. Sehingga kita beroleh manfaat Al-Fatihah bagi pertumbuhan keimanan kita.

al quran 3Memahami Al-Fatihah dari Segi Baru

Pengikut Isa Al-Masih pun boleh mempelajari surah Al-Fatihah ini. Karena banyak pengajaran rohani bagi kehidupan kita.

Kita dapat memahami surah ini dari segi baru. Yaitu melihat relasinya dengan Isa Al-Masih dan Wahyu Allah (Taurat, Zabur/Mazmur dan Injil). Sehingga memperkaya cakrawala pengetahuan dan keimanan kita.

Dengan memahami Al-Fatihah dari terang Wahyu Allah dan Isa Al-Masih, kita akan menemukan kebenaran-kebenaran baru yang bermanfaat kekal bagi iman kita. Maka kita akan mengerti Sumber iman yang benar dan menjamin kehidupan kekal.

al quran 4Mendalami Al-Fatihah dari Buletin Mingguan 

Dalam Al-Quran, surah Al-Fatihah adalah surah pertama. Al-Quran, juga umat Islam mengakui Wahyu Allah, yaitu kitab Taurat (Qs 32:23), Zabur/Mazmur (Qs 4:163; 17:55) dan Injil (Qs 5:47). Menurut Al-Quran pula, Isa Al-Masih adalah Pribadi terkemuka di dunia dan akhirat (Qs 3:45).

Maka kita patut bertanya akan relasi Al-Fatihah dengan Wahyu Allah dan Isa Al-Masih. Misalnya, apakah kitab Taurat, Zabur/Mazmur dan Injil mendukung ajaran-ajaran dalam surah Al-Fatihah? Bagaimana Isa Al-Masih menafsirkan surah Al-Fatihah itu?

Karena itulah, kami menyediakan renungan singkat secara gratis tentang Surat Al-Fatihah menurut Isa Al-Masih. Renungan ini sangat bermanfaat bagi keimanan kita. Syaratnya pun mudah, hanya mengisi nama dan email Anda pada formulir bawah ini.

 


 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Artikel Yang Terhubung

Tidak ada artikel yang berhubungan dengan ini