default_mobilelogo

api nerakaSurat Al-Fatihah ayat 4 menuliskan bahwa Allah “yang menguasai hari pembalasan/Maliki yawmi d-din.” Menurut Islam di hari pembalasan semua orang wajib melewati Jembatan Neraka/Sirath yang mengerikan agar sampai ke sorga.

Adakah Penjamin ke sorga tanpa melewati Sirath?

Ketentuan Melewati Sirath

Al-Quran mengajar bahwa setiap Muslim harus mendatangi/melewati sirath. “Dan tidak ada seorang pun di antara kamu yang tidak mendatanginya (neraka). Hal itu bagi Rabbmu adalah suatu ketentuan yang sudah ditetapkan”(Quran, Surah Maryam [19]:71).

Ihsan Tandjung menerangkan bahwa “Maksud dari kata ”mendatangi” ialah melintas di atas Neraka Jahannam dengan menyeberangi jembatan tersebut.”

Sirath, Mengerikan Dan Gelap Gulita

Menurut Islam jembatan neraka/sirath itu setipis rambut dibelah jadi tujuh dan setajam pedang. Jembatan itu juga gelap gulita sehingga setiap orang membutuhkan cahaya.

Al-Quran menuliskan Yaitu pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka,    . . . (Quran, Surah Al-hadid  [57] :12-15).

Ibnu Mas’ud berkata, “Mereka melewati shirâth sesuai dengan tingkat amalan mereka. Di antara mereka ada cahayanya seperti gunung, ada cahayanya yang seperti pohon, ada cahayanya setinggi orang berdiri, yang paling sedikit cahayanya sebatas menerangi ampu kakinya, sesekali nyala sesekali padam” (Tafsir Ibnu Katsir: 8/15)

Karena begitu mengerikan dan menakutkannya, maka“. . . berdoalah orang-orang beriman: Ya Rabb kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami” (Quran Surah At-Tahrim [66]:8).

Berapa banyakkah amal baik yang dibutuhkan agar sukses melewati sirath? Kirimkan jawaban Anda melalui email ini.

jembatan ke sorgaJembatan ke Sorga

Isa Al-Masih adalah Penjamin /Jembatan ke Sorga. Firman-Nya “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa [di sorga], kalau tidak melalui Aku (Injil, Rasul besar Yohanes 14:6).

Bagaimana Isa Al-Masih, Kalimatullah menjadi Penjamin/Jembatan ke sorga?
Isa Al-Masih telah turun ke dunia untuk mati tersalib dan bangkit. Kematian-Nya itu untuk menggantikan kita yang seharusnya dihukum mati karena dosa-dosa kita.

Melalui penyaliban-Nya, Isa Al-Masih mengampuni dosa dan menyucikan setiap orang yang percaya kepada-Nya. “Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal” (Injil Rasul Besar Yohanes 3:15). Bukankah hanya orang suci yang layak masuk sorga?

Dengan mengampuni dosa dan menjamin sorga, Isa Al-Masih menjadi satu-satunya Penjamin/Jembatan ke Sorga tanpa harus melewati sirath.

Jika Anda ragu-ragu soal Isa Al-Masih sebagai Penjamin/Jembatan ke sorga, sampaikanlah kepada kami via email ini.

Pilihan Terbijak Yang Menjamin Sorga!

Jelaslah bahwa Isa A-Masih satu-satunya Penjamin/Jembatan ke sorga. Maka pilihan paling bijak ialah mempercayai Isa Al-Masih sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Agar Anda terjamin masuk sorga-Nya.

[Staf Isa dan Islam - Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Mengapa manusia berdosa tidak membutuhkan sirath?
  2. Mana yang terbaik, sirath ataukah Penjamin/Jembatan ke sorga? Mengapa?
  3. Siapakah Isa Al-Masih, kok Dia berkuasa menjamin manusia masuk sorga?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# fisher 2017-10-14 09:32
~
Manusia berdosa tidak butuh sirath karena langsung ke neraka. Surga tempat maha suci. Tidak boleh ada setitik noda dosa. Sama seperti orang yang meyakini makanan yang haram.. Tidak mau tercemar sedikitpun. Jadi manusia berdosa tidak akan sukses melewati sirath.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-10-17 18:21
~
Saudara Fisher,

Sdr benar, tempat orang berdosa adalah neraka, dan kekal di sana. Sedangkan sorga adalah tempat Allah yang Maha suci, dosa tidak dapat masuk.

Lalu, adakah penjamin ke sorga tanpa melewati Sirath?

Terima kasih, kami tunggu tanggapan sdr.
~
Daniar
# Bani hafizi 2017-10-27 22:45
*****
1. Manusia berdosa tetap membutuhkan sirath untuk mencapai surga. Terkecuali bagi orang kafir, mereka memang tidak membutuhkan sirath. Karena dari awal kehidupan setelah mati mereka disiksa dengan siksaan yang pedih. Begitu terus sampai mereka menjadi penghuni neraka untuk selama lamanya

2. Sudah pasti shirath karena itu benar adanya dan penjamin jembatan ke sorga itu palsu tidak benar adanya

3. Isa Al-Masih hanya seorang nabi utusan Tuhan dan bukan Tuhan. Isa Al-Masih tidak memberikan jaminan untuk masuk surga, yang memberikan jaminan masuk sorga hanya Allah semata
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-11-01 11:45
*****
Saudara Bani Hafizi,

Apakah sirath menjamin sdr masuk sorga? Apakah menurut sdr bedanya orang kafir dan orang berdosa? Bukankah keduanya sama-sama berdosa dan pastinya akan menjadi penghuni neraka untuk selama-lamanya?

Sekali-lagi apakah sirath pasti menjamin sdr masuk sorga? Sedangkan Penjamin ke sorga artinya memberikan jaminan pasti ke sorga dan Allah sendiri yang memberikan. Bukankah hanya Allah yang dapat menjamin ke sorga?

Mengapa Isa Al-Masih disebut Penjamin ke sorga? Karena Isa Al-Masih lebih dari utusan, Dia adalah Kalimat Allah. Kalimat Allah satu dengan Allah dan Allah itu sendiri.

Bila sdr ingin mengenal Isa Al-Masih lebih dalam silakan email kami di
~
Daniar
# zay 2017-10-30 20:18
*****
1. Tidak butuhlah, sudah berbuat dosa (melacur, merampok, korupsi) di dunia langsung saja ke surga. Karena sudah dijamin ini katanya sama Isa Al-Masih.

2. Pasti penjaminlah, makanya sudah hancurkan dunia dengan banyak kejahatan yang penting percaya Yesus penjamin, urusan beres masuk surga.

3. Anaknya Maryam kan, bisa jadi Maryam pun menjamin manusia masuk surga, dan bapanya pun tentunya menjamin. Semuanya menjamin pokoknya hebatkan.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-11-04 00:08
*****
Saudara Zay,

Sdr benar, Isa Al-Masih menjamin manusia ke sorga. Apapun dosanya termasuk berbohong, iri hati, sombong dan lain-lain. Bila orang tersebut telah bertobat dan menerima Isa Al-Masih sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Maka Dia memiliki jaminan keselamatan yaitu masuk sorga.

Sdr Zay, jaminan keselamatan yang diberikan Isa Al-Masih bukan untuk bebas berbuat dosa. Sebaliknya mereka yang sudah diselamatkan akan hidup berkenan kepada Allah. Jadi, pemikiran sdr jelas salah!

Sdr Zay, hanya Allah yang dapat mengampuni dosa dan menjamin ke sorga, bukan? Isa Al-Masih tidak memiliki ayah biologis, bukan? Sedangkan Maryam adalah manusia ciptaan Allah, sama seperti kita, tidak berkuasa, bukan?

Kiranya pemaparan ini dapat memberikan pemahaman baru bagi Sdr Zay.
~
Daniar
# dewa 2017-11-04 23:16
~
Selamat malam..

Inilah perbedaan antara Muslim dan Kristen dalam menilai alam ghoib termasuk surga dan neraka. Muslim yakin akan surga dan neraka. Allah SWT yang menentukan nasib kehidupan manusia masuk surga atau neraka.

Surga dan neraka adalah rahasia Allah. Mungkin kita sendiri sebelumnya sudah ditentukan oleh Allah arah tujuannya ke surga atau ke neraka? Kita hanya berusaha sebaik mungkin untuk selalu berada pada jalan yang lurus (Siratol mustaqin). Setiap usaha yang dilakukan akan dipertanggungja wabkan, walaupun sebenarnya kita pasrah akan ketentuan-Nya.

Jadi jika admin ingin mengetahui jembatan siratol mustaqim. Maka cobalah mati dulu karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2017-11-14 23:08
~
Selamat malam Sdr Dewa,

Mengenai sorga dan neraka Allah menetapkan bahwa setiap orang yang percaya kepada Isa Al-Masih masuk sorga.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

Jadi, masuk sorga bukan karena usaha/perbuatan baik kita, tapi semata-mata pemberian Allah. Sehingga untuk mengetahui kepastian masuk sorga tidak perlu mati duluan, bukan? Karena Allah sudah memberitahukan dengan jelas!
~
Daniar
# Malaikat Gabriel 2017-11-09 14:29
1.Sesuai dengan ucapan Allah Yesus Kristus,marikit a membacanya bersama sama dari Kitab Nabi Yohanes 3:36 mencatat:"Baran gsiapa percaya kepada Yesus Kristus,ia melihat hidup kekal, barangsiapa tidak taat kepada Yesus Kristus,ia tidak melihat hidup kekal, melainkan Murka Allah tetap diatasnya".
2. Kepada Yesus Kristus, sebab telah terbukti dan telah ada manusia berdosa masuk langsung ke firdaus ( Sorga ) baca Lukas 23:42-43.
3. "Akulah Dia",sebab Allah dan Aku adalah esa ( Tunggal ), Yaitu : "Aku adalah Alfa dan Omega, Firman Tuhan Allah, Yang Ada, Yang Sudah Ada, Yang Akan Datang,Yang Maha Kuasa",Kitab Wahyu 1:8
# Malaikat Gabriel 2017-11-09 14:37
To Sdr Dewa
Sdr mengatakan seperti ini:"karena kita tidak tahu apa yg akan terjadi nantinya.."

Respon : Sepertinya anda dalam keadaan ragu dengan ajaran anda, bila kita tidak mengetahui apa yg diperbuat Allah kepadamu, utk apa mengimani ajaran itu.
Bacalah dan renungkanlah Firman Allah Yesus Kristus :"Barangsiapa percaya kepada Yesus Kristus,ia melihat hidup kekal, barangsiapa tidak taat kepada Yesus Kristus,ia tidak melihat hidup kekal, melainkan Murka Allah tetap diatasnya". Yoh 3:36

Sdr Dewa, bertobatlah, datanglah kepada Allah Yesus Kristus, dengan Percaya dan Taat, Murka Allah Yesus Kristus tidak akan engkau terima, melainkan memperoleh hidup kekal ( sorga ).
Amin.
# echol 2017-11-10 00:55
sejak kapan yesus jadi tuhan??

mana ayat yang mengatakan bahwa yesus itu tuhan?

tanggal, bulan, dan tahun berapa yesus lahir?
# hamba allah 2017-11-11 22:31
agama Islam tidak mengajarkan.
beribadah.
hanya untuk meminta imbalan
mendapatkan surga.
ataupun hanya Karena
takut akan neraka.
tapi kita semata2 ikhlas
hanya mencari ridho Allah.
kita sadar kita hanya manusia.
makhluk ciptaannya.
Dan dengan ridhonya
insya Allah kita akan mendapatkan
surga, Dan dijauhkan Dari
nerakanya.
Karena kita bukan tuhan.
kita tidak tahu tuhan sudah member I
ridhonya apa belum kepada kita.
maka Dari itu orang yg cerdas
adalah orang yg mempersiapkan diri
sebaik mungkin sebelum ajal menjemput.
demi ridho Allah.

wallahu a'lam bishawab
# Malaikat Gabriel 2017-11-20 19:36
budak Allah 2017-11-11 22:31
Islam tidak mengajar penyembahan hanya untuk meminta pahala mendapatkan surga.

Res : Om, jikalau pahala menjamin anda masuk sorga, coba renungkan, lebih banyak dosa atau amal dalam hidup anda sehari-hari..? Bila saya ditanya, jawaban saya tentu dosa lebih banyak.

Nah kalau begitu, Nerakalah tempatnya. Untuk itu saya "Pemberi Peringatan Nyata" kepada om, mari kita baca bersama-sama : "Barangsiapa percaya kepada Isa Al-Masih, ia melihat hidup kekal, barangsiapa tidak taat kepada Isa Al-Masih, ia tidak melihat hidup kekal, melainkan murka Allah tetap diatasnya". Yoh 3;36
# echol 2017-11-20 23:36
jawabannya mana?
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%