default_mobilelogo

untaSaya dan suami tinggal selama bertahun-tahun di tepi gurun Sahara, dan bekerja di negara Chad.   Di daerah itu kami melihat unta di mana-mana, sebab banyak terdapat kelompok nomaden. Sehingga, di mana ada nomaden, disitu ada unta. Kelompok nomaden sangat mencintai unta mereka.

Pengembara Dan Nama Tuhan

Suatu hari kami kedatangan tamu. Yaitu kepala pengembara dan temannya. Mereka berceritera tentang seberapa besar perhatian nomaden kepada unta-untanya.

Umat Muslim percaya ada seratus nama untuk Allah. Tetapi mereka hanya mengetahui 99 nama.  Menurut tamu pengembara kami, hanya unta yang tahu nama Allah yang keseratus itu. Itulah sebabnya unta terlihat angkuh dan seperti menyepelekan manusia.

Nama Allah yang Keseratus

Ketika kami melihat nama-nama Allah yang 99 itu, banyak nama-nama yang megah dan mulia.  Saya dan suami berpikir, betulkah unta mengetahui nama Allah yang hilang itu, seperti kami mengetahuinya?

Siapakah sebenarnya nama Allah yang hilang dari daftar tersebut, yang menurut tamu pengembara kami hanya unta yang mengetahuinya?

Nama yang hilang tersebut telah dinubuatkan dalam Perjanjian Lama, dan digenapi lebih dari dua ribu tahun yang lalu, melalui kelahiran bayi di Betlehem.  Yang disebut IMMANUEL---Allah beserta kita! "….: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.." (Kitab, Nabi Besar Yesaya 7: 14).

[Staf Isa dan Islam – Artikel pada tautan ini dapat membantu saudara mempelajari karunia keselamatan dari Allah. Allah mengasihi dan menunggu Anda.]

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# latoifah 2012-04-26 14:46
*
Kenapa harus unta yang tahu, apa karena manusia tidak mau tahu sehingga kalah dari binatang?

Saya percaya Isa Al-Masih yang akan menjadi hakim pada kedatangan-Nya ke dua kali. Karena itu saya mau diselamatkan oleh Isa Al-Masih.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2012-05-11 13:42
~
Pada mulanya manusia ini tidaklah jahat, manusia mempunyai persekutuan yang indah dengan Allah. Karena Allah menciptakan manusia di dalam gambar-Nya dan kemuliaan-Nya. Namun karena kesombongan manusia, semua menjadi jahat dan memberontak.

Manusia meninggalkan persekutuan dengan Allah, mereka memilih bersekutu dengan roh kegelapan. Akibatnya manusia tidak lagi dapat mengenali pribadi Allah, maupun nama Allah.

Oleh sebab itu, karena manusia tidak dapat menyatakan kemuliaan-Nya, maka Allah berkenan menyatakan diri-Nya kepada unta, sehingga unta mengetahui nama pribadi Allah.
~
SL
# widodo 2014-03-21 18:54
~
99 itu adalah nilai tertinggi di dalam bilangan angka. Kalau anda tambah 1 dengan nama "Immanuel" nilainya menjadi 100. 1+0+0= satu. Nilai terendah dalam bilangan angka, dan itulah nilai kebenaran "Immanuel"
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-04-08 20:08
~
Maaf Sdr Widodo, menurut ilmu perhitungan yang kami pelajari ketika di sekolah, angka 100 jelas lebih tinggi dari angka 99. Kami bingung ketika saudara mengatakan 100 = 1?

Sdr. Widodo, artikel di atas menjelaskan bahwa menurut kepercayaan umat Muslim, Allah mempunyai 100 nama. Sayangnya, umat Muslim hanya tahu 99. Lalu kemana satu nama lagi?

Alkisah, yang tahu nama Allah yang ke-100 adalah unta. Lagi, hal itulah yang membuat unta terlihat angkuh. Terlepas apakah kisah itu benar atau tidak, satu hal yang kami percaya bahwa Kitab Suci Allah menyatakan nama yang hilang tersebut adalah “Immanuel!”

Immanuel adalah nama dari Kalimatullah ketika Dia di dunia. Nama yang menyelamatkan seluruh umat manusia. “Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi” (Injil, Surat Filipi 2:9-10).
~
Saodah
# Pengamat 2014-04-30 12:34
~
Bukan jumlahnya tapi hakikatnya. 99 itu mengandung angka 9, nilai tertinggi dalam bilangan angka. 100 mengandung angka 0 dan 1, nilai terendah dalam bilangan angka.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-05-02 09:28
~
Saudara Tengamat,

Terimakasih untuk penjelasan saudara. Lalu, bagaimana dengan 1 nama/hakekat lagi? Bukankah umat Muslim percaya bahwa nama Allah ada 100?
~
Saodah
# Pengamat 2014-05-06 09:00
~
99 anda operasikan dengan cara ditambah dan dikalikan akan tetap menghasilkan angka 9 (kesempurnaan). Anda pintar dengan mengatakan bahwa nilai 100 adalah lebih tinggi dari nilai 99, tapi menjadi bodoh ketika menghitung bahwa 1+1+1=3 bukan 1+1+1=1 (Trinitas).
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-05-15 19:26
~
Maaf Sdr. Pengamat,

Sepertinya saudara kurang mengerti dengan pertanyaan yang kami sampaikan.

Yang kami tanyakan adalah: dapatkah saudara menjelaskan nama/hakekat yang satu lagi dari nama Allah? Seperti pada penjelasan di atas, umat Muslim yakin nama Allah ada seratus. Tapi hingga saat ini yang diketahui baru hanya 99. Berarti masih kurang satu, bukan?

Nah, dapatkah Sdr. Pengamat memberitahu kami siapa nama Allah yang satu lagi?

Tentang Trinitas, silakan membaca artikel yang berhubungan dengan topik tersebut pada link ini: tinyurl.com/7y5qolz.
~
Saodah
# cam 2014-12-12 00:26
~
Maaf, kapan Muslim percaya jika Allah punya 100 nama? Anda tiba-tiba langsung menulis "Umat Muslim percaya ada seratus nama untuk Allah. Tetapi mereka hanya mengetahui 99 nama." Tanpa dalil sedikitpun. Tidak ada kepercayaan seperti itu di dalam Islam.

Yang benar, apa yang telah disabdakan rasul melalui hadist berikut “Sesungguhnya Allah mmiliki 100 rahmat. Salah satu di antaranya diturunkan kepada kaum jin, manusia, hewan, dan tetumbuhan. Dengan rahmat itulah mereka saling berbelas kasih dan menyayangi. Dengannya pula binatang liar mngasihi anaknya. Dan Allah mengakhirkan 99 rahmat untuk Dia curahkan kepada hamba-hamba-Nya pada hari kiamat.” (Muttafaq ‘alaih; dalam Shahih Bukhari no. 6104 dan Shahih Muslim no. 2725; lafal hadits ini dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu)
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2014-12-27 10:18
~
Saudara Cam, terimakasih untuk penjelasan saudara di atas.

Memang umat Islam percaya Allah memiliki 99 nama sebagaimana yang terdapat dalam Hadist Bukhari dan Muslim) Namun maknanya bukan berarti Allah tidak memiliki nama-nama kecuali 99 nama itu saja, bukan?

Dan artikel di atas menuliskan bahwa seorang pengembara yang bertemu dengan penulis mengatakan bahwa nama Allah yang ke-100 hanya unta yang mengetahuinya. Hal ini sesuai dengan kepercayaan di daerah setempat.

Sedangkan menurut Taurat, nama Allah yang ke-100 itu sudah dinubuatkan dalam Taurat. Yaitu “Imanuel” yang artinya “Allah beserta kita!” Dan sayangnya nama ini tidak termasuk ke dalam 99 nama Allah yang diimani oleh umat Islam.

Bukankah saudara Cam percaya bahwa Allah selalu beserta kita?
~
Saodah
# Cam 2015-01-16 22:15
~
Anda lucu, anda tidak menjawab pertanyaan saya. Sekarang, dalam beropini masalah agama, harus ada dalilnya. Bisakah anda tolong berikan dalil dari tulisan anda "Umat Muslim percaya ada seratus nama untuk Allah. Tetapi mereka hanya mengetahui 99 nama".

Anda yakin membaca hadits tersebut? Hadits tersebut tidak menjelaskan tentang 99 nama, melainkan 100 rahmat. Saya mulai meragukan ketelitian anda disini.

Apakah dalil, "Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel..." (Kitab, Nabi Besar Yesaya 7: 14). Menjelaskan tentang nama Tuhan yang ke-100? Anda jangan ngarang, apakah hal itu cukup? Lagipula, mengapa anda begitu berani berbicara atas apa yang tidak diajarkan di dalam Islam atas nama Islam?
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2015-01-23 21:34
~
Saudara Cam,

Tentu ketika kami menuliskan artikel dan data-data di dalamnya semua adalah fakta adanya. Tidak ada yang mengarang di dalam artikel ini. Kami senang jika kita melakukan diskusi melalui email. Sebab dalam forum ini, ada aturan yang tidak memperkenankan menulis dari 800 karakter. Oleh sebab itu marilah kita buka diskusi dan kirimkan pertanyaan/kome ntar yang ada di link ini ke . Kami menunggu pertanyaan/kome ntar saudara.
~
Salma
# Cam 2015-02-27 08:34
~
Staf Isadanalfatihah yang semoga dikasihi Allah, betapa tidak terhormatnya anda menghapus dan terus menghapus komentar saya sedangkan saya tidak melanggar peraturan dalam berkomentar. Setidaknya anda perlu memberikan keterangan terlebih dahulu. Ataukah, anda tidak mampu menjawab pertanyaan yang saya ajukan?

"Umat Muslim percaya ada seratus nama untuk Allah. Tetapi mereka hanya mengetahui 99 nama". Namun anda tidak kunjung menjawabnya. Ketidakcukupan karakter dalam komentar tidak usah anda jadikan sebagai alasan, anda bisa menunjukkan letak dalilnya. Seperti Al-Quran surat apa ayat berapa saja, hadits dari perawi siapa, bagaimana sanadnya.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2015-03-22 09:24
~
Saudara Cam,

Memang kami menghapus beberapa komentar saudara. Karena menurut kami pertanyaan tersebut sudah saudara tanyakan dan kami pun sudah menjawabnya.

Jadi saran kami, silakan membaca penjelasan kami pada pertanyaan saudara sebelumnya. Juga silakan saudara membaca artikel di atas dengan teliti.
~
Saodah
# Mochammad 2015-03-08 08:40
~
99 adalah kesempurnaan, dan 1 adalah awal, dan bilangan nol saja ditemukan oleh orang Muslim. Apakah anda tidak melihat tanda-tanda kebesaran-Nya yang jelas-jelas ada di telapak tangan anda sendiri.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2015-03-22 09:25
~
Saudara Mochammad,

Terimakasih atas penjelasan saudara di atas. Tapi maaf, kami sedikit kurang mengerti dengan penjelasan saudara. Karena menurut kami tanda-tanda kebesaran Allah dapat kita lihat di seluruh tubuh manusia, bukan hanya di telapak tangan saja.

Dapatkah Sdr. Mochammad menjelaskan apa hubungan nama Allah serta kebesaran-Nya dengan telapak tangan manusia?
~
Saodah
# ✳ɮ1ᏙИϬ ƘΛɭд 2015-03-24 08:58
~
Al-Qudus adalah nama Allah. Ruh Al-Qudus itulah Ruhul Qudus yang adalah Roh Allah, yang tidak tahu kenapa dinistakan oleh kaum Muslim dengan ditafsirkan hanya selevel Jibril saja.

Yohanes 4:24. “Allah itu Roh...”
Yesaya 63:10. “Roh Kudus-Nya”

Matius 28:19. “dalam nama Roh Kudus”

Dari Sa’id bin Musayyab ra, saw bersabda: "Demi Rabb, Seorang yang lebih mulia dari padaku Dia-lah orang yang dikuatkan dengan Ruh Al-Qudus." (HR. Abu Dawud, 4360, an-Nasa’I, 709 dan Ahmad, 20928)

Qs 2:253 “kepada 'Isa putera Maryam Kami perkuatkan Dia dengan Ruhul Qudus.”

Lukas 4:18. "Roh Tuhan ada pada-Ku”
# Nabi baru 2016-01-30 13:29
~
Apakah benar dalam Islam diajarkan bahwa ada 100 nama Allah dan hanya 99 nama yang sudah diketahui? Dan yang satu nama lagi belum diketahui, tetapi hanya onta yang tahu satu nama (yang ke 100) itu?

Kalau bertanya kepada ontanya, tidak mungkin dijawab, lalu siapa nama yang ke-100 itu? Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Cerita yang "aneh" dan tidak memberikan pencerahan bagi hidup.

Tapi mungkin ada benarnya juga apa yang kemukakan admin lewat ayat Yesaya 7:14. Tapi apakah umat Islam harus tahu nama yang ke-100 itu? Untuk lebih pastinya perlu ada interogasi terhadap onta-onta itu supaya mengaku. Bila perlu dengan kekerasan "hai onta sombong! ayo katakan siapa nama Allah yang ke-100 itu?! Keanehan kisah-kisah dalam Islam.
# Staff Isa dan Al-Fatihah 2016-02-03 19:26
~
Seperti yang dijelaskan oleh penulis di atas, bahwa kisah tersebut didengar dari seorang pengembara. Apakah itu benar atau hanya sekedar kisah yang diceritakan secara turun-temurun, tidak ada yang tahu.

Namun satu hal yang pasti, bahwa Kitab Suci Alkitab menyebut bahwa “Immanuel,” yang artinya Allah beserta kita, adalah nama Allah yang tidak diketahui oleh umat Muslim.
~
Saodah
 
Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
Pendaftar akan menerima secara cuma-cuma "Buku Doa Nabi-Nabi" yang membuat doa-doa kunci para nabi.
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%